Sukses

50% Pemudik Sumatera Sudah Kembali Ke Jawa

Sekitar 50% pemudik yang merayakan lebaran di Pulau Sumatera telah kembali ke Jawa melalui Pelabuhan Bakauheni, Lampung.

PT ASDP Indonesia Ferry melaporkan sekitar 50% pemudik yang merayakan lebaran di Pulau Sumatera telah kembali ke Jawa melalui Pelabuhan Bakauheni, Lampung hingga H+3 lebaran.

Data harian menunjukkan, pengguna jasa meningkat dan berada di posisi puncak pada H-3 lebaran. Sebanyak 108.665 orang, 13.835 unit motor dan 9.876 unit kendaraan roda empat campuran diseberangkan di pelabuhan Bakauheni dengan 28 kapal dan 102 trip.

"Sebanyak hampir 50% pemudik telah kembali," ujar Christine Hutabarat, Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), Selasa (13/8/2013)

Diharapkan para pemudik yang belum kembali dan akan melakukan kepulangan dapat terurai merata pada hari ini hingga akhir pekan mendatang.

"Kami kira pengguna jasa sudah semakin bijak utk menentukan hari-hari kepulangan mengingat rentang waktu libur hingga jadwal masuk sekolah cukup panjang. Mereka bisa memilih hari dan waktu yang dirasa paling tepat dan nyaman untuk menyeberang," terang dia.

Sementara itu, Menteri Perhubungan EE. Mangindaan pada hari ini juga melakukan pemantauan lapangan terkait Operasi Angkutan Lebaran di Pelabuhan Bakauheni.

Mangindaan tiba sekitar pukul 08.30 Wib menggunakan helikopter dan langsung melakukan inspeksi di beberapa titik pelabuhan seperti di toll gate kendaraan dan loket penumpang didampingi jajaran Direksi dan General Manager PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Bakauheni, Yanus Letanga.

Pada kesempatan tersebut, Mangindaan sempat melakukan tanya jawab langsung dengan penumpang yang menunggu kedatangan kapal.

"Pemudik merasa senang akan pelayanan yang ada di pelabuhan Bakauheni yang menurut mereka penyeberangan kali ini lancar dan pelabuhan juga bersih," ungkap  EE Mangindaan.  (Yas/Ndw)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini