Sukses

10 Uang Tip Paling Besar di Dunia

Besar uang tip yang diberikan biasanya tak lebih dari jumlah tagihan. Namun, siapa sangka ada pengunjung yang memberi hingga miliaran rupiah

Bekerja sebagai pelayan restoran, atau hotel, uang tip tentu menjadi salah satu tambahan pendapatan selain gaji. Di restoran tertentu, para tamu yang berkunjung biasanya membayar lebih dari tagihan yang harus dibayar dan uang tersebut langsung masuk kantong sang pelayang.

Seperti dilansir dari The Richest, Selasa (13/8/2013), uang tip yang dibayarkan biasanya tak lebih tinggi dari jumlah tagihan. Namun siapa sangka, beberapa pengunjung ternyata sangat dermawan dan mau memberikan uang tip hingga jutaan bahkan miliaran rupiah.

Salah satu yang beruntung adalah Jessica Osborne yang akhirnya bisa melanjutkan kuliahnya karena uang tip sebesar Rp 102,9 juta yang diberikan salah satu pengunjungnya. Berikut 10 uang tip paling tinggi yang diberikan pada para pelayan restoran:

1. US$ 3 juta (Rp 30,87 miliar) - Sal’s Pizzeria di Yonkers, New York

Pada 30 Maret 1984 silam, detektif Robert Cunningham dan seorang pelayan bernama Phyllis Penzo terlibat dalam kesepakatan lotre. Jika Penzo membantunya menebak nomor lotre dan dia berhasil menang, maka Cunningham akan memberinya tips dan membagi hadiah tersebut.

Tiket lotre US$ 1 tersebut ternyata berhasil menang dan detektif tersebut berhasil merebut hadiah senilai US$ 6 juta. Dia pun membaginya sama rata dengan Penzo. Namun pelayan tersebut tak lantas berhenti dari pekerjaannya. Dia masih bekerja selama dua tahun di Sal's sebelum akhirnya keluar karena tak tahan menghadapi banyaknya permintaan tebakan lotre dari para konsumen.

Kisah nyata ini bahkan pernah diperankan aktor Nicolas Cage dan aktris Bridget Fonda dalam sebuah film berjudul `It Could Happen To You`.

2. US$ 12 ribu (Rp 123,48 juta) - Moorhead’s Frying Pan, Minnesota

Tadinya, uang tersebut mungkin tidak dimaksudkan sebagai tip meski akhirnya jadi begitu. Pelayan di Minnesota, Stacy Knutson sangat bahagia saat dirinya disahkan sebagai pemilik uang tip bernilai US$ 12 ribu.

Awalnya dia melaporkan uang senilai US$ 12 ribu yang ditinggalkan salah satu pengunjung. Aturannya, jika dalam 60 hari tak ada yang mengakuinya, maka uang tersebut menjadi miliknya. Meski disebut-sebut sebagai uang pengedar obat-obatan, tapi karena tak ada yang mengaku memilikinya, uang tersebut pun akhirnya jatuh ke tangan Knutson.

3. US$ 10 ribu (Rp 102,9 juta) - Pizza Hut, Angola, Indiana

Bekerja di resotaran pizza tentu Anda tak aneh dengan banyaknya tip yang diberikan para pengunjung di sana. Namun, lutut Anda bisa gemetar jika sang pengunjung ternyata meninggalkan uang tip sebesar US$ 10 ribu.

Jumlah yang diterima Jessica Osborne tersebut tentu cukup untuk membeli sebuah mobil. Osborne diketahui akrab dengan pengunjung yang kadang juga membawa keluarganya mengunjungi restoran pizza di tempatnya bekerja. Dari pertemanan tersebut, Becky, sang pengunjung mengetahui bahwa temannya tengah mengalami masalah keuangan dan harus meninggalkan sekolah. Uang tip itu lalu digunakan Osborne untuk melanjutkan kuliahnya.

4. US$ 5 ribu (Rp 51,45 juta) - D’Amico’s Italian Market Café, Houston

Greg Rubar telah bekerja sebagai pelayan selama 16 tahun. Pada 26 Mei tahun lalu dia menerima uang tip berjumlah US$ 5 ribu dari pasangan yang enggan menyebutkan identitasnya.

Pemberian uang tip ini dipicu rasa iba akibat rusaknya mobil Rubar akibat serangan badai di kotanya. Pasangan ini merasa senang bisa membantu Rubar menutupi kerugiannya.

5. US$ 4 ribu (Rp 41,16 juta) - Chicago

Mohammed Sekhani, seorang pelayan yang telah lama bekerja di restoran steak di Chicago ini sangat beruntung bisa bertemu dengan aktor hollywood ternama, Johnny Depp.

Ternyata, pemeran Jack Sparrow di film Pirates of the Caribbean ini ternyata pemberi tip yang dermawan. Mungkin baginya, jumlah US$ 4 ribu hanya tip kecil, tapi bagi Sekhani jumlah tersebut merupakan bagian dari kekayaannya.

6. US$ 1.000 (Rp 10,29 juta) - Texas

Seorang pelayan di salah satu tempat makan di Texas secara tak diduga menerima uang tip sebesar US$ 1.000 agar bisa membeli tiket pulang ke Italia. Pelayan dan pria yang dijamunya ini hanya terlibat obroal dalam beberapa menit saja, di mana dia menceritakan kerinduannya akan Italia.

Uniknya, dari tagihan makanannya senilai US$ 60,42, sang pria dermawan ini membayar sebesar US$ 1.060. Artinya, pria ini masih berhutang US$ 0,42 pada pihak restoran. Namun hingga saat ini, tak diketahui apakah pelayan tersebut benar-benar menggunakannya untuk membeli tiket ke Italia.

7. US$ 500 (Rp 5,14 juta)

Sebelum meninggal, seorang pria berusia 30 tahun bernama Aaron Collins berpesan pada keluarganya untuk meninggalkan uang tip sebesar US$ 500 pada pelayan. Sepeninggalnya, sang keluarga berusaha memenuhi pesannya tersebut.

Mereka membuka iklan donasi di internet dan berhasil mengumpulkan uang sebesar US$ 500. Salah seorang pelayan di Puccini menjadi yang beruntung dan menjadi orang pertama yang menerima uang tipas dalam jumlah besar tersebut. Meski sudah terpenuhi, ternyata banyak orang masih mengalirkan bantuannya, dan keluarga pun meneruskan tradisi pemberian uang tip US$ 500 tersebut hingga saat ini.

8. US$ 458 (Rp 4,71 juta) - Uncle Tony’s Pizza and Pasta, Providence, Rhode Island

Pelayan bernama Kristen Ruggiero tercatat sangat beruntung saat sepasang suami istri meninggalkan uang senilai US$ 458 sebagai tip untuk dirinya. Saat itu harga makanan yang dibeli hanya seharga US$ 42 saja, tapi pasangan ini membayarnya dengan lima lembar US$ 100.

Dia berpikir pasangan tersebut mungkin saja lupa mengambil kembaliannya. Namun sebulan kembali pasangan tersebut berkunjung kembali dan mengatakan mereka meninggalkannya secara sengaja. Ruggiero memang layak mendapatkannya.

9. US$ 446 (Rp 4,58 juta) - Steak ‘n Shake, Indianapolis

CeCe Bruce menikmati harinya yang paling beruntung saat seorng konsumen yang dikenal dengan sebutan "Miss Jo" memberinya tip sebesar US$ 446 tanpa alasan apapun. Uang tip tersebut mengagetkan Bruce, mengingat makanan yang dibeli Jo hanya seharga Us$ 5,97 saat itu.

10. US$ 250 (Rp 2,57 juta) - Capitale Grille, West Hollywood

Dengan uang yang dihasilkan dari kontrak rekamannya, artis hip-hop The Game ini mampu memberi tip dalam jumlah besar. Seorang pelayan Eme Ikuakor memperoleh tip sebesar US$ 250 setelah dia menikmati makan siangnya di Easter Sunday. (Sis/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini