Sukses

Kemendag: 4.500 Sapi Impor Sudah Disembelih

Kementerian Perdagangan mengaku telah mendatangkan 9.000 ekor sapi impor. Dari total sapi tersebut, separuhnya telah disembelih.

Kementerian Perdagangan (Kemendag) beberapa waktu lalu telah mengeluarkan izin untuk importasi total 25 ribu ekor sapi bakalan dari Australia untuk menekan harga daging yang hingga sekarang masih bertengger di harga Rp 90 ribu-Rp 100 ribu per kilogram (kg).

Menteri Perdagangan, Gita Wirjawan mengungkapkan hingga saat ini sudah ada sekitar 9.000 ekor sapi bakalan yang sudah didatangkan melalui pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta. Namun dari 9000 ekor tersebut baru separuhnya yang telah disembelih.

"Izin yang sudah kita keluarkan hampir mencapai 25 ribu ekor, ini akan berdatangan secara berkala dan sampai akhir minggu ini sudah akan datang 9.000 ekor sapi dari 25 ribu ekor sapi siap potong. Di mana dari 9.000 ekor itu, baru setengah yang dipotong,"ujarnya di Gedung Kementerian Perdagangan, Jakarta, Selasa (13/8/2013).

Gita menjelaskan, Kemendag akan terus mendatangkan sapi secara bertahap hingga nantinya titik terakhir di akhir bulan Agustus total 25 ribu ekor sapi telah dipenuhi.

Selain itu, naiknya kembali harga sapi pada saat lebaran dikatakannya dikarenakan Rumah Pemotongan Hewan (RPH) tutup sehingga tidak melakukan pemotongan.

"Kalau di pasar modern tepat sebelum hari H, itu Rp 65 ribu-Rp 70 ribu per kg. Itu naik lagi karena RPH nya pada libur jadi naik ke Rp 85 ribu-Rp 90 ribu per kg," jelas dia. (Yas/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.