Sukses

6 Tips Sukses Jualan dari CEO yang Tak Suka Dagang

Tak semua CEO mampu menjual produk dengan baik. Namun, setiap CEO harus mampu mempengaruhi dan merayu konsumen.

Siapa bilang menjadi Chief Executive Officer (CEO) berarti juga berbakat dalam menawarkan produk? Ternyata tak semua CEO mampu menjual produk dengan baik pada para konsumen. Meski demikian, setiap CEO harus mampu mempengaruhi dan merayu konsumen.

Seperti dilansir dari Inc.com, Kamis (15/8/2013), pakar penjualan serta pemilik Hunt Big Sales Tom Searchy mengungkapkan setiap CEO juga berperan sebagai 'salesman' dalam penjualan produknya. Dengan demikian, dia pun harus pandai menawarkan produk pada para konsumennya.

Searchy yang telah membantu banyak kliennya dalam urusan penjualan mengungkap beberapa tips menjual produk yang harus dipelajari para CEO. Berikut enam tips dari para CEO yang tak suka menawarkan produknya secara langsung:

1. Buat hasil yang berbeda

Sampaikan pada target penjualan Anda jika dirinya membeli produk yang Anda tawarkan. Jelaskan alasan yang tepat kenapa dirinya akan memperoleh hasil yang berbeda lewat produk Anda. Dari 90% kasus penjualan, pilihan konsumen tidak tergantung pada Anda dan pesaing melainkan antara Anda dan masalah yang tengah dialaminya.

Seperti yang ditulis Searcy dalam bukunya, sukses menjual bukan soal menghasilkan uang. Namun berhasilnya penjualan tergantung dari bagaimana cara Anda membuat produk Anda memberikan hasil yang berbeda.

2. Jelaskan produk Anda secara sederhana

Saat menjelaskan produk Anda pada calon pembeli, sampaikan secara sederhana hingga anak kecil pun bisa memahami penjelasan Anda. Lebih keren lagi jika Anda bisa membuat calon pembeli penasaran dan meminta Anda menjelaskan lebih rinci lagi. Waktu penyampaian yang tidak terlalu lama juga bisa membuat para konsumen tertarik.

3. Buat produk Anda meyakinkan di mata konsumen

Saat menawarkan produk, Anda juga harus menyentuh perasaan para pembeli. Pastikan produk Anda merupakan barang yang tepat untuk dibeli. Membuat para konsumen yakin bisa ditunjukan lewat contoh lansung, atau para konsumen lain yan berhasil menggunakan produk Anda.

4. Buat produk Anda menarik

Anda harus membantu mengurangi risiko produk yang dijual di hadapan para konsumen. Selain itu, tunjukkan bahwa produk Anda  mudah untuk diterapkan. Cara Anda menyampaikan juga akan menentukan ketertarikan konsumen terhadap produk Anda.

5. Pahami kondisi konsumen

Seberapa cepat Anda bisa mendemonstrasikan produk Anda dan segala kelebihannya? Nyatanya, setiap konsumen akan menilai suatu produk juga dari waktu, uang dan risikonya. Anda harus menghubungkan produk Anda dengan tolak ukur pribadi para calon pembeli untuk mempengaruhinya.

6.  Tentukan target penjualan dan wujudkan

Tentukan tujuan dan tahapan yang jelas dalam mencapai target penjualan. Identifikasi terlebih dahulu hambatan yang akan dihadapi sebelum melanjutkan ke tahapan berikutnya. Pastikan Anda mengatasi seluruh hambatan tersebut. (Sis/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.