Sukses

Jero Wacik Pasrah Kantor Anak Buahnya Digeledah KPK

Menteri ESDM Jero Wacik menyatakan penggeledahan itu merupakan bagian dari proses hukum.

Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik menyerahkan sepenuhnya penanganan dugaan kasus korupsi Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Rudi Rubiandini kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Termasuk dalam hal ini langkah KPK yang melakukan penggeledahan ruang kerja salah satu anak buahnya, Sekertaris Jenderal Kementerian ESDM, Waryono Karno.

Sebagai informasi, penggeledahan ruang kerja Sekjen Kementerian ESDm dilakukan tim penyidik KPK sejak pukul 22.00 Wib tadi malam, Rabu (13/8/2013) sampai  pukul 5.30 WIB pagi hari tadi (15/8/2013).

"Ya tunggu saja itu kan bagian proses hukum," kata Jero Wacik usai menghadiri Pelantikan  pejabat struktural eselon I dan II kementerian ESDM, di Kantornya, Jakarta, Kamis (15/8/2013).

Jero mengaku belum mengetahui keterkaitan anak buahnya tersebut dengan dugaan  kasus suap yang menimpa Mantan Kepala SKK Migas Rudi Rubiandini. "Ya nggak tahu saya. kita lihat saja nanti," tegas Jero.

Jero mengungkapkan, guna menghindari terulangnya kasus yang menimpa Kepala SKK Migas, dirinya telah berpesan kepada seluruh jajarannya agar menjaga diri tidak mudah tergiur dengan tindakan yang menjerumus ke arah tersebut.

"Lebih proteksi lagi, itu saja. Dijaga lebih kuat, lebih rapi, lebih waspada tidak boleh melakukan hal-hal yang tidak boleh," jelasnya.

Sedangkan dari internal, Kementerian ESDM mengaku telah mengawasi tindak tanduk aparatnya oleh Inspektorat Jenderal (Irjen), Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan Komite pengawas. "Kebijakannya dikonsultasikan ke komisi pengawas, tapi kan detail-detailnya tidak bisa. tidak semua harus diawasi,"

Sementara itu dari pantauan Liputan6.com, KPK tidak menyegel ruang kerja Sekjen Kementerian ESDM yang sudah digeledah tim penyidik. Hal ini berbeda dengan ruang kerja SKK Migas Rudi Rubiandini.  Tidak terlihat adanya tanda-tanda yang melarang masuk pegawai di depan kantor Sekjen Kementerian kementerian yang dipimpin oleh Jero Wacik tersebut. (Pew/Shd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.