Sukses

3 Juta Buruh Ancam Demo jika Upah Tak Naik

Sebanyak tiga juta buruh mengancam akan melakukan aksi demonstrasi besar-besaran jika usulan kenaikan upah tidak dipenuhi

Sebanyak tiga juta buruh mengancam akan melakukan aksi demonstrasi besar-besaran jika usulan kenaikan upah minimum provinsi (UMP) pada tahun depan tidak dipenuhi.

Menurut Presiden Konfederansi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal, aksi unjuk rasa tersebut rencananya dilakukan serentak di 20 Provinsi pada bulan Oktober atau November 2013.

"Demonya baru bulan Oktober atau November karena September itu ada dialog di dewan pengupahan. Dari dialog itu baru kelihatan arahnya seperti apa," ungkap Iqbal saat berbincang dengan Liputan6.com, Jumat (15/8/2013).

Sebagai pemanasan, lanjut Iqbal, rencana 30 ribu massa buruh pada 5 September dengan tuntutan jalankan jaminan kesehatan seluruh rakyat dan kenaikan upah.

"Kalau yang jamkesmas itu sudah ada respons pemerintah, cuma yang kenaikan upah belum ada respons," papar dia.  (Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.