Sukses

Jalur Kereta Lingkar Tak Akan Tabrakan Dengan Monorail

Jalur kereta layang dan melingkar (elevated/loop line train) dipastikan tidak akan bertabrakan dengan jalur monorail.

Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo (Jokowi) memastikan bahwa jalur kereta layang dan melingkar (elevated/loop line train) tidak akan bertabrakan dengan jalur monorail.

"Tidak akan bertabrakan, karena semuanya sudah terintegrasi antara busway, loop line dan monorail karena sudah ada desain makro transportasinya," ungkap dia usai menghadiri Pidato RAPBN dan Nota Keuangan 2014 di gedung DPR, Jakarta, Jumat (16/8/2013).

Menurut mantan Walikota Solo tersebut, hal yang dikhawatirkan terkait waktu realisasi pembangunan jalur kereta memutar. Konstruksi proyek ini akan mulai dikerjakan tahun depan. "Yang perlu diatur itu supaya tidak barengan dan stuck atau macet. Itu yang bahaya," ujarnya.

Jokowi bilang, jalur lingkar layang sudah dibahas dengan Wakil Presiden Boediono. Dari hasil pertemuan itu, memutuskan pembatalan beberapa pembangunan jalan layang dan jalan bawah (under pass) yang sudah direncanakan.

"Karena rutenya barat dan timur yang akan dibangun elevated train. Jadi nantinya tidak perlu lagi bangun under pass dan fly over di jalur tersebut," tandas dia. (Fik/Nur)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.