Sukses

Bank Sentral di Dunia `Tak Nafsu` Borong Emas

Pada 2013, pembelian emas bank-bank sentral dunia diperkirakan total mencapai 300 hingga 350 ton.

Pembelian emas Bank Sentral di seluruh dunia diprediksi susut dari perkiraan World Gold Council (WGC). Pada 2013, pembelian emas bank-bank sentral dunia diperkirakan total mencapai 300 hingga 350 ton, atau lebih rendah dari prediksi sebelumnya 400 hingga 450 ton.

Direktur Pengelola Investasi World Gold Council, Marcus Grubb mengungkapkan, penurunan prediksi  pembeli9an emas karena para pembuat kebijakan masih mencemaskan anjloknya harga emas lebih jauh.

"Ini adalah kuartal ke-10 sejak pembelian emas dilakukan oleh bank sentral, tapi hasilnya masih mengecewakan mengingat jumlahnya masih jauh lebih rendah dari prediksi," jelas Grubb seperti melansir The Telegraph, Sabtu (17/8/2013) .

Dia mengatakan, bank-bank sentral di negara-negara berkembang seharusnya terus meningkatkan pembeliannya. Pada kuartal II tahun ini, Bank Sentral Rusia mencetak volume pembelian emas tertinggi.

Bank Sentral Rusia meningkatkan pembelian dalam tiga bulan hingga Juni sebanyak 15 ton. Angka tersebut membuat total pembelian emas negara ini meningkat hingga hampir 39 ton.

"Volume pembelian emas yang rendah di Jerman sebanyak kurang dari 1 ton merupakan jumlah terkecil yang dilakukan kementerian keuangan," ungkapnya dalam laporan WGC.

Meski demikian, China justru terus meningkatkan jumlah pembelian emasnya. Sepanjang sejarah pembelian emas China, sebanyak 1.054 ton emas diborong penduduk negara tersebut pada 2009. (Sis/Nur)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini