Sukses

Berikut Cara dan Aturan Tiket Harian Berjaminan Commuter Line

PT KAI Commuter Jabodetabek (PT KCJ) akan mulai memberlakukan tiket harian berjaminan mulai Kamis esok. Berikut tata caranya:

Terhitung Kamis (22/8/2013), PT KAI Commuter Jabodetabek (PT KCJ) akan mulai memberlakukan tiket harian berjaminan yang merupakan pengganti tiket harian single trip yang dipakai untuk satu kali perjalanan.

Sosialisasi pun sudah dilakukan pihak KCJ mulai hari ini, salah satunya melalui media sosial twitter. "#RekanCommuters Mulai Kamis, tanggal 22 Agustus 2013 akan diberlakukan  #TiketHarianBerjaminan," isi pernyataan twitter dari Commuter Line, Selasa (20/8/2013).

Penggunaan tiket harian berjaminan tersebut untuk menghindari kartu single trip yang banyak hilang. Bagi masyarakat pengguna KRL Commuter Liner, berikut tata cara penggunaan tiket harian berjaminan, yaitu:

1. Di Stasiun Keberangkatan : Tapping di gate in, tunggu lampu hijau menyala lalu dorong tripod gate untuk masuk.

2. Di Stasiun Kedatangan : Tapping di gate out, tunggu lampu hijau menyala lalu dorong tripod gate untuk keluar.

3. Pastikan tata cara penggunaan dilakukan dengan benar untuk menghindari penalti / suplisi.

KCJ menetapkan, penumpang akan dikenakan penalti Rp 5.000 bila melakukan perjalanan kurang bayar atau melebihi tarif awal.

Adapula suplisi Rp 50 ribu dan kartu diambil petugas bila penumpang tidak memiliki tiket perjalanan yang sah, memakai tiket kadaluarsa.

KCJ juga menetapkan aturan terkait tata cara pemakaian tiket harian berjaminan ini. Seperti, jika kartu terlanjut ditempel pada pintu masuk tetapi tidak ditempel pada pintu keluar (tidak tapping pada gate out )/kartu hangus maka kartu tidak dapat dipakai kembali dan uang jaminan tidak bisa dikembalikan.

Demikian pula bila kartu harian berjaminan rusak sehingga tidak terbaca / tidak berfungsi di sistem e-ticketing.

Namun, uang jaminan dan tarif dikembalikan, apabila penumpang tidak jadi melakukan perjalanan atau belum melakukan tapping pada gate in alias membatalkan perjalanan.
 
Selain itu, uang jaminan dikembalikan (tanpa tarif), apabila penumpang tidak jadi melakukan perjalanan tetapi sudah melakukan tapping pada gate in. (Nur)




* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini