Sukses

800 Ribu Tiket Harian Lenyap Bikin KCJ Ubah Sistem Tiket Commuter

Kartu Single Trip (KST) KRL Jabodetabek resmi digantikan dengan Tiket Harian Berjaminan (THB) terhitung 22 Agustus 2013

PT KAI Commuter Jabodetabek resmi menggantikan kartu Single Trip (KST) KRL Jabodetabek dengan Tiket Harian Berjaminan (THB) terhitung 22 Agustus 2013. Usut punya usut, itu karena banyak kartu KST yang hilang mencapai 800 ribu tiket.

"Jadi mulai 22 Agustus 2013, KST yang sekali perjalanan sudah resmi kami gantikan dengan THB yang digunakan dalam satu kali perjalanan pada hari pembeliannya," ujar Direktur Utama PT KCJ Tri Handoyo di Stasiun Juanda, Jakarta, Senin (20/8/2013).

Menurut Tri, perseroan menetapkan sistem uang jaminan mencapai Rp 5.000 tiket untuk sekali perjalanan pada THB tersebut. Untuk memilikinya, seluruh penumpang masih tetap harus ke loket untuk melakukan perjalanan.

"Ada dua yang harus dibayarkan, yaitu uang jaminan yang mencapai sebesar Rp 5.000 dan tarif," katanya.

Tri menjelaskan, uang jaminan yang diberikan tidak hilang, selama pengguna bisa mengembalikan tiket lagi (refund) atau melakukan perjalanan baru di loket stasiun yang sesuai aturan berlaku.

Adapun THB yang tidak dikembalikan pada hari tersebut, maka penumpang masih diberikan waktu selama tujuh hari lamanya, setelah menjalankan pemberangkatan terakhir.

Jika lewat tujuh hari, maka uang jaminan pada tiket dapat dikategorikan hangus dan tidak bisa diipergunakan lagi untuk pembelian rute perjalanan yang selanjutnya.

"Ada masa tenggang, uang jaminan tiket harian yang dijaminkan juga hangus, jika penumpang tidak melakukan tapping out pada perangkat E-Ticketing yang sudah diberikan di pintu keluar yang tidak resmi," tegas dia. (Dis/Nur)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini