Sukses

PLN Beli Listrik 47 MW dari Rajamandala Electric

PT PLN (Persero) membeli listrik sebesar 47 megawatt (MW) dari PT Rajamandala Electric Power selama 30 tahun.

PT PLN (Persero) membeli listrik sebesar 47 megawatt (MW) dari PT Rajamandala Electric Power selama 30 tahun. Perusahaan pelat merah itu akan membeli listrik yang dihasilkan pembangkit listrik tenaga air (PLTA) dengan harga US$ 8,6616 sen per kilowatthour (kWh).

Pembelian listrik itu ditandai dengan penandatanganan perjanjian jual beli tenaga listrik (power purchase agreement/PPA) PLTA
Rajamandala yang dilakukan Direktur Utama PLN Nur Pamudji dengan Direktur Utama PT REP, Bambang Priyambodo dan Takashi Shimada.

"Langkah ini ilakukan demi memperkuat pasokan di sistem kelistrikan Jawa Bali dan meningkatkan kontribusi energi baru terbarukan dalam pembangkitan," jelas Nur Pamudji dalam keterangan tertulisnya, Selasa (20/8/2013).

PLTA Rajamandala merupakan proyek pembangkit listrik swasta tanpa mendapat jaminan pemerintah (Non Government Guarantee) di Indonesia yang pertama kali mendapatkan jaminan dari Multilateral Investment Guarantee Agency (MIGA), yaitu sebuah lembaga di bawah naungan Bank Dunia.

Menurut Nur Pamudji, PLTA Rajamandala merupakan proyek pembangunan pembangkit listrik pertama di Indonesia yang mendapatkan jaminan dari MIGA. Hal ini, lanjut dia, menunjukkan PLN telah mendapatkan kepercayaan besar dari dunia internasional sehingga MIGA mau memberikan jaminan atas proyek PLTA Rajamandala.

"Saat ini perwakilan dari MIGA sedang berada di Indonesia untuk melakukan due diligence project,” terang dia.

Pengembangan PLTA Rajamandala diperkirakan menelan biaya sebesar US$ 115 juta dan akan didanai oleh Bank dari Jepang dengan skema project financing. Masa konstruksi PLTA Rajamandala diperkirakan selama 33 bulan dan dijadwalkan beroperasi secara komersial pada pertengahan 2016.

Skema pembangunan PLTA ini adalah dengan skema Full Turnkey, dimana kontraktor utama akan bertanggungjawab terhadap seluruh pembangunan Pembangkit dan juga Saluran Transmisi Tegangan Tinggi sepanjang sekitar 8 kilometer (km) dengan tetap memperhatikan peraturan yang berlaku seperti perijinan dan juga Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) dari setiap unsur dalam pembangunan PLTA Rajamandala.

"Skema pengembangan proyek ini adalah BOOT (Built-Own-Operate-Transfer)," ungkap Nur Pamudji.

PT REP merupakan anak perusahaan PT Indonesia Power dan Kansai Electric Power Inc. Kansai Electric Power Inc. adalah perusahaan pembangkit listrik kedua terbesar di Jepang dan telah berpengalaman dalam pembangunan dan pengoperasian PLTA.

Sementara PT Indonesia Power adalah anak usaha PT PLN (Persero) yang juga berpengalaman dalam pengembangan dan pengoperasian pembangkit listrik.

Hidehiko Yukawa, Managing Executive Officer dari Kansai Electric Power Inc. menjelaskan, pihaknya memiliki komitmen yang sama dengan PLN dan juga pemerintah Indonesia dalam pemanfaatan energi terbarukan.

“Kansai Electric Power dan pemerintah Jepang memiliki komitmen yang sama dengan PLN dan pemerintah Indonesia dalam pemanfaatan energi terbarukan untuk membangkitkan listrik” tegas Hidehiko Yukawa.

PLTA Rajamandala akan dibangun di Sungai Citarum, desa Cihea Kecamatan Haurwangi Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. PLT ini didesain sebagai PLTA run off river.  Pola pengoperasiannya adalah mengikuti pola operasi PLTA Saguling (4x175) MW, dimana akan memanfaatkan air keluaran dari PLTA Saguling guna menghasilkan energi listrik.

Energi listrik yang dapat dihasilkan oleh PLTA Rajamandala rata-rata sebesar 181 gigawatthour (GWh) per  tahun dan akan disalurkan ke Sistem Jawa Bali melalui jaringan transmisi 150 kV Cianjur-Cigereleng.

Pembangunan proyek ini selain padat modal, juga padat karya. diharapkan akan dapat menyerap tenaga kerja lokal yang akan dilakukan mencapai sekitar 1.200 orang. (Pew/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • PLN merupakan perusahaan listrik milik negara.

    PLN

  • Listrik adalah daya atau kekuatan yang dapat digunakan untuk menghasilkan panas, cahaya, atau untuk menjalankan suatu mesin.

    Listrik