Sukses

IHSG Anjlok, Hatta: Jangan Panik, Pemerintah Punya Jurusnya

Pemerintah mempunyai berbagai kebijakan sebagai respon dari kinerja nilai tukar rupiah dan bursa saham yang tengah melemah.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Hatta Rajasa mengungkapkan pemerintah mempunyai berbagai kebijakan sebagai respons dari kinerja nilai tukar rupiah dan bursa saham yang tengah melemah.

Hal ini, menurut dia, dibuktikan dengan pergerakan IHSG yang sempat terangkat hari ini. "Pesan saya tidak usah panik, pemerintah, Bank Indonesia (BI), dan dunia usaha memiliki jurus atau respons untuk mengikuti perkembangan itu," ujar dia di Jakarta, Selasa (20/8/2013) malam.

Menanggapi rebound bursa saham hari ini, Hatta mengklaim ini berkat kebijakan antara pemerintah, BI dan dunia usaha. Dia tidak mengaku bahwa salah satu upaya itu adalah buy back saham BUMN.

"Itu artinya pemerintah tidak tinggal diam. Kami punya respons meski saya tidak perlu menyebutkan, dan pasar juga tahu respons itu. Kami memiliki koordinasi yang cukup baik," lanjut dia.

Hatta bilang, koordinasi menjadi salah satu langkah yang penting dilakukan ketika pasar keuangan tengah berguncang. (Fik/Nur)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini