Mobil Murah RI Mejeng di Ajang Pameran Otomotif Terbesar Asia

By Dian Ihsan Siregar

on Aug 21, 2013 at 20:05 WIB

Mobil yang ditunggu-tunggu masyarakat menengah sebentar lagi bakal meluncur di jalanan di tanah air. Sebelum memutuskan membeli mobil murah dan ramah lingkungan (Low Cost Green Car/LCGC), produsen mobil bakal memanfaatkan ajang pameran otomotif, Indonesia Internasional Motor Show (IIMS) 2013 yang di selenggarakan pada tanggal 19-23 September 2013.

Ketua IIMS 2013 Johnny Dharmawan bahkan mengklaim, kehadiran mobil murah ini bakal menjadi bintang dalam ajang tahunan tersebut. "Pada IIMS 2013 akan ada penampilan Daihatsu Ayla dan Toyota Agya. Mobil itu akan menjadi bintang, banyak masyarakat yang akan melihat mobil LCGC tersebut," ujarnya dalam keterangan pers IIMS 2013 di Hotel Kempinsky, Jakarta, Rabu (21/8/2013).

Johnny mengungkapkan, mobil konsep dari kendaraan LCGC ini sebetulnya sempat muncul dalam pameran yang sama tahun lalu. Namun seiring akan dimulainya proses produksi, panitia IIMS kembali menampilkan kedua mobil LCGC tersebut.

"Akan ada juga Daihatsu Ayla yang memiliki versi spesial yang akan ditampilkan disana, versi spesial tersebut adalah Daihatsu Ayla GT," katanya.

Dismaping mobil murah, ajang IIMS kali ini juga akan menampilkan sejumlah kendaraan komersial dari produsen otomotif seperti Dyna, FAW, Foto, Fuso, Hino, Isuzu, MAN Trucks, Tata Motors dan UD Trucks. Sedangkan nama-nama baru yang muncul ada Datsun, Renault, Land Rover dan Jaguar.

Ajang Terbesar

Johnny menambahkan, ajang event IIMS 2013 kali ini bakal menjadi pameran otomotif terbesar di kawasan Asia, mengalahkan pameran serupa yang digelar di Bangkok, Thailand.

Bukti besarnya even ini terlihat dari lahan pameran yang digunakan yaitu mencapai 75 ribu meter persegi. Rencananya IIMS 2013 akan diikuti 36 agen pemegang merk (APM) atau satu agen lebih banyak dibandingkan tahun lalu. Sementara industri pendukung yang hadir mencapai 276 perusahaan dari 260 industri setahun sebelumnya.

Ketua Umum Gaikindo Sudirman MR menambahkan, terus meningkatnya jumlah APM dan industri pendukung otomotif diharapkan mampu membantu perkembangan industri otomotif nasional.  "Event ini akan memberikan gambaran yang sangat baik kepada dunia Internasional, kalau industri otomotif di Indonesia sudah berkembang pesat," katanya. (Dis/Shd)

Credit Shd

Suka artikel ini?
Dian Ihsan Siregar
Dian Ihsan Siregar

  Full bio »

0 Comments