Sukses

IHSG Terguncang, BEI Belum Terima Permintaan Pembatalan IPO

BEI memastikan pelemahan nilai tukar rupiah tak serta merta membuat calon emiten mengurangi porsi saham yang dilepas ke publik.

Meski terjadi pelemahan tajam Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG), otoritas Bursa Efek Indonesia (BEI) memastikan hingga saat ini belum ada perusahaan yang berencana menunda pencatatan penawaran umum saham perdana (IPO).

"Kami tidak bisa menyimpulkan berapa calon emiten yang melakukan penundaan. Kita tunggu sajalah seperti apa, kita belum terima surat dari calon emiten yang ingin mundur IPO dari jadwal," ujar Direktur Penilaian Perusahaan BEI, Hoesen ketika ditemui di Gedung BEI, Jakarta, Kamis (22/8/2013).

Hoesen menjelaskan, seluruh proses penundaan IPO calon emiten BEI pastinya bakal diketahui otoritas bursa. Pasalnya proses penundaan harus dilakukan berdasarkan prosedur formal.

Disinggung mengenai kemungkinan adanya penurunan volume saham yang dilepas dalam proses IPO akibat pelemahan nilai kurs rupiah, Hoesen mamastikan hal itu sama sekali tak terpengaruh.

Buktinya, ada calon emiten yang memutuskan mengurangi porsi saham yang dilepas ke publik sebelum pelemahan rupiah terjadi.
"Disaat rupiah stabil, emiten juga banyak yang melakukan down size," tegas Hoesen. (Dis/Shd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.