SBY Yakin 4 Paket Kebijakan Manjur Perbaiki Ekonomi RI

on

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyakini empat paket kebijakan ekonomi yang baru dirilis pemerintah dapat melepaskan ekonomi Indonesia dari tekanan.

"Saya tetap optimistis meskipun  goncangan ini terasa benar. Tapi kalau paket kebijakan dan solusi yang telah kita tetapkan dijalankan, saya sekali lagi optimistis akan ada perbaikan terhadap perekonomian kita," kata SBY seperti dikutip dari laman Sekretariat Kabinet, Jumat (23/8/2013).

Menurut SBY, keputusan itu diambil setelah pemerintah melakukan koordinasi dengan kalangan dunia usaha serta pihak-pihak terkait, dan setelah tim ekonomi melakukan persiapan selama enam hari.

"Saya berharap seluruh jajaran kabinet ikut aktif untuk mengimplementasikan kebijakan yang telah saya putuskan dan tetapkan," kata SBY.

SBY menerangkan, inti langkah dan tindakan pemerintah terdiri atas sejumlah paket kebijakan dan langkah tindakan yang mulai dilakukan sejak hari ini sebetulnya. Sasaran dan tujuan paket kebijakan tersebut, lanjut SBY, untuk memperbaiki current account dalam upaya mengurangi  defsit.

"Langkah kebijakan itu juga bertujuan untuk mengelola stabilitas nilai tukar rupiah dan indeks harga saham gabungan (IHSG)," paparnya.

Paket lainnya yaitu untuk melancarkan, menggerakkan dan mempercepat  berbagai proyek investasi, seraya menjaga daya beli masyarakat.

Sasaran dan tujuan ketiga, kata Presiden, untuk memastikan stabilitas harga terutama bahan pokok bisa dikelola dengan baik, yaitu untuk memastikan adanya stabilitas harga pada tingkat barang dan jasa terutama bahan-bahan pokok pemerintah mengeluarkan aturan dan kebijakan.

Sedang yang keempat, kata Presiden, melakukan sinergi dan kolaborasi dengan dunia dalam upaya mencegah terjadinya pemutusan hubungan kerja (PHK). (Ndw)

Credit Ndw

Suka artikel ini?
Nurseffi Dwi Wahyuni
Nurseffi Dwi Wahyuni

  Full bio »

0 Comments