Sukses

Senin, DPR Ajak Pemerintah Bahas 4 Paket Kebijakan Ekonomi

Komisi XI DPR akan menggelar rapat kerja dengan Menteri Keuangan, Gubernur BI, Otoritas Jasa Keuangan dan LPS pada Senin pekan depan.

Komisi XI DPR akan menggelar rapat kerja dengan Menteri Keuangan, Gubernur Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) pada Senin (27/8/2013) pekan depan.

Menurut Anggota Komisi XI DPR Arif Budimanta, dalam pertemuan tersebut pihaknya akan membahas perkembangan nilai tukar rupiah termasuk empat paket kebijakan ekonomi pemerintah dan dampaknya terhadap kebijakan keuangan negara.

"Misalnya soal insentif berupa pengurangan pajak, apakah itu akan berpengaruh ke penerimaan tahun ini atau tahun depan," jelas Arif saat berbincang dengan Liputan6.com, Sabtu (24/8/2013).

Dalam pertemuan itu, Komisis XI DPR akan menggali apakah paket kebijakan itu menyentuh struktural dan fundamental ekonomi Indonesia atau tidak. Salah satu cara untuk menilai secara makro yaitu dengan melihat neraca perdagangan.

"Kami akan tanyakan dengan modle kebijakan seperti itu, proyeksinya kapan neraca perdagangan bisa seimbang? Jangan sampai malah main tertekan, sekarang saja defisitnya sudah 4,4%," papar dia.

Sekadar informasi, pemerintah telah merilis empat paket kebijakan ekonomi makro demi mencegah memburuknya perekonomian negara menyusul ambruknya rupiah dan pasar saham. (Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.