Sukses

Usai Melantai di Bursa, Waskita Jadi BUMN Karya Terbesar ke-2

Setelah melantai di bursa, kinerja keuangan dan operasional PT Waskita Karya melesat. Waskita kini tercatat sebagai BUMN karya terbesar ke-2

PT Waskita Karya Tbk (WSKT) tercatat sebagai perusahaan karya nomor 2 terbesar dalam hal penguasaan proyek dan laba perusahaan, setelah PT Wijaya Karya (WIKA).

"Padahal belum lama dia minus terus, tapi sekarang sudah kalahkan PT PP, kalahkan PT Hutama Karya," ungkap Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan seperti ditulis Senin (26/8/2013).

Menurut Dahlan, salah satu penyebab kemajuan perusahaan plat merah itu adalah restrukturisasi utang yang disertai dengan penawaran saham perdana (IPO) di Bursa Saham Indonesia (BEI).

"Kemarin waktu restrukturiasi utang sekaligus dengan paket go public, terus dia dapat dana besar terus ngambil proyek besar. Itu yang tidak bisa dilakukan Adhi Karya, sudah tidak bisa right issue,"jelasnya.

Salah satu proyek besar yang tengah digarap Waskita adalah proyek pembangunan Terminal 2 Bandara Juanda, Sidoarjo senilai Rp 1,2 triliun. Proyek tersebut saat ini sudah rampung setidaknya 80%.

Terminal 2 ini nantinya akan menampung penumpang setidaknya 6,5 juta orang per tahunnya. Terminal yang terletak berseberangan dengan Terminal 1 Juanda ini akan digunakan khusus untuk terminal Garuda Indonesia dan penerbangan Internasional. Tidak hanya itu, Waskita saat ini juga berpartisipasi dalam pembangunan Masjidil Haram. (Yas/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini