Sukses

[VIDEO] Kurs Rupiah Makin Loyo atau Mulai Perkasa?

Rupiah masih tertekan dan terus bergerak ke posisi terendahnya sepanjang 2013. Sampai kapan rupiah akan terus terpuruk?

Sentimen negatif dari kondisi makro perekonomian nasional masih membuat pelaku pasar khawatir. Hal ini ditandai nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) yang masih saja bertengger di atasu 10 ribu per dolar AS.

Data kurs valas Bloomberg pada Senin, 26 Agustus 2013 menunjukan rupiah masih bergerak di rentang 10.823 hingga 11.168 per dolar AS. Rupiah kali ini bergerak sangat volatile terlihat dari beberapa kali bergerak menguat tajam ke level 10,825 per dolar AS.

Meski harus diakui, penguatan dolar AS juga masih cukup tinggi karena masih bergerak melemah ke level 11.165 per dolar AS.

"Pertama kodisi makro kurang kuat asing banyak keluar mereka melepas rupiah. Impor bahan baku impor minyak yang sangat banyak jumlahnya rupiah tertekan," kata Analis PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo), Achmad Kurniawan Sudjatmiko dalam wawancara dengan Liputan6.com.

Menurut Sudjatmiko, nilai tukar rupiah diperkirakan akan terus melemah selama Indonesia dianggap belum mampu menekan defisit transaksi berjalan.

"Gerak rupiah cukup di level 10.800-11.000 per dolar AS," katanya.

Dengan berberbagai kebijakan yang diambil pemerintah, Bank Indonesia, dan Otoritas Jasa Keuangan, mungkinkah rupiah akan kembali perkasa? Atau malah rupiah kembali loyo karena ketidakpercayaan pelaku pasar?

Berikut di bawah ini video wawancara Liputan6.com dengan analis Pefindo, Achamd Kurniawan Sudjatmiko:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini