Sukses

Indonesia Bakal Beli 8 Helikopter AS, Harganya Rp 5,6 Triliun

Untuk pertama kalinya Amerika Serikat (AS) sepakat menjual delapan helikopter jenis AH-64E Apache terbarunya pada Indonesia.

Untuk pertama kalinya Amerika Serikat (AS) sepakat menjual delapan helikopter jenis AH-64E Apache terbarunya pada Indonesia. Menurut para pejabat AS terkait, harga yang disepakati kedua negara untuk pembelian tersebut berkisar senilai US$ 500 juta atau setara Rp 5,6 triliun.

Seperti dilansir dari BBC, Selasa (27/8/2013), kesepakatan pembelian helikopter tersebut sudah termasuk biaya perawatan dan pelatihan serta dilengkapi radar. Dalam persetujuan bilateral tersebut, Indonesia akan membeli delapam helikopter Apache baru yang diproduksi Boeing.

Kesepakatan tersebut diumumkan Defence Secretary AS, Chuck Hagel mengunjungi Jakarta. Kunjungan tersebut dilakukannya disela tugasnya dalam tur keliling Asia Tenggara.

"Memberikan sejumlah helikopter kelas dunia ini pada Indonesia merupakan salah satu contoh komitmen kami untuk membangun kapabilitas militer Indonesia,"  jelas Hagel.

Kesepakatan ini dianggap dapat membantu Indonesia menghadapi berbagai operasi pembajakan di tanah air. Selain itu, kesepakatan pembelian helikopter ini juga bisa meningkatkan kewaspadaan pertahanan negara.

AS belakangan ini tengah berupaya keras mendekati negara-negara di Asia Timur secara diplomatis. Langkah ini dilakukan guna menghadapi kemajuan  China yang cukup pesat. (Sis/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini