Sukses

Jero Wacik Buka-bukaan Laporan Keuangan ESDM ke DPR

Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik melaporkan laporan keuangan 2012 ke DPR.

Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik melaporkan laporan keuangan Kementerian ESDM 2012 ke DPR. Laporan keuangan tersebut telah memperoleh predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

"Sebagaimana diketahui bersama pelaksanaan anggaran 2012 berakhir pada 31 Desember 2012," kata Jero saat menghadiri tapat kerja di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (28/8/2013).

Jero mengatakan laporan keuangan instasinya telah diperiksa oleh BPK mendapat predikat opini WTP. "Jadi ini WTP dua kali berturut-turut, itu menurut saya kredibel karena BPK menilainya," ungkap Jero.

Dalam laporan keuangan, Kementerian ESDM telah memperoleh pendapatan Rp 412 milar lebih 108,48% dari target Rp 380 miliar. Sedangkan untuk belanja hanya terelaisasi Rp 988 miliar sementara  target Rp 16.56 miliar atau tidak terealisas 59,69%.

"Itu sebagian besar dikarenakan gagal pemasagan listrik yang tidak terselsaikan," ungkapnya. (Pew/Ndw)

Karena itu Kementerian ESDM telah melakukan beberapa upaya dalam laporan keuangannya, yaitu penerapan reward dan punsihmen dalam pengelolaan APBN guna transparansi akuntibilas laporan keuangan.

Penetapan sytem E-procurement dalam pengadaan barang dan jasa di lingkungan ESDM.  Menidaklanjuti dan menyelesaikan hingga tuntas seluruh temuan sesaui dengan peraturan perundang-undangan berlaku.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini