Sukses

Mentan: Pemerintah Tak Bisa Paksa Petani Tanam Pangan Tertentu

Menteri Pertanian Suswono mengatakan pada masa sekarang ini pemerintah tidak bisa lagi memaksa petani untuk menanam suatu jenis tanaman.

Menteri Pertanian (Mentan) Suswono mengatakan pada masa sekarang ini pemerintah sudah tidak bisa lagi memaksa petani untuk menanam suatu jenis tanaman pangan guna memenuhi kebutuhan dalam negeri, seperti kedelai.

Petani kini bisa dengan bebas menanam tanaman pangan yang mereka inginkan.

"Sekarang kan sudah tidak seperti dulu, kalau dulu petani biasa dipaksa untuk menanam itu, tapi sekarang kan tidak. Sekarang petani bebas mau tanam apa saja," ujar dia usai menghadiri pembukaan Gelar Potensi dan Peluang Investasi Pertanian 2013 di Hotel Atlet Century Park, Jakarta Pusat, Rabu (28/8/2013).

Menurut dia, kini petani akan cenderung memilih tanaman pangan dengan harga jual yang lebih baik. Jika harga yang ditawarkan baik maka akan mendorong petani menanam tanaman tersebut. Saat ini, petani lebih memilih menanam jagung ketimbang kedelai karena harganya dinilai lebih baik.

Selain itu, menurut dia, pengurangan lahan yang semakin sempit menjadi alasan produksi tanaman pangan dalam negeri seperti kedelai belum mampu memenuhi kebutuhan nasional.

Awalnya lahan yang diperuntukan untuk produktifitas kedelai mencapai 1,5 juta hektar (ha), namun sekarang turun  menjadi 700 ribu ha. "Makanya perlu adanya perluasan lahan, kita perlu tambah lahan seluas 500 ribu ha," jelasnya.

Seperti diketahui, harga kedelai sendiri saat ini mengalami lonjakan dari semula sekitar Rp 6.600 per kg, menjadi Rp 9.300 per kg.

Beberapa faktor menjadi penyebab kenaikan harga ini, mulai dari faktor cuaca dari negara pengimpor dan juga efek pelemahan rupiah. (Dny/Nur)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini