Sukses

Absen Rapat, Keberadaan Sekjen ESDM Dipertanyakan DPR

Komisi VII DPR mempertanyakan ketidakhadiran Sekjen ESDM Waryono Karno dalam rapat yang digelar di Gedung DPR.

Komisi VII DPR mempertanyakan absennya Sekretaris Jenderal Kementerian Energi Sumber Daya Minera (ESDM) Waryono Karno dalam rapat evaluasi laporan keuanga Kementerian ESDM 2012.

Pantauan Liputan6.com, setelah Ketua Komisi VII DPR Sutan Batoegana membuka rapat tersebut, dia langsung menanyakan keberadaan Sekjen Kementerian ESDM. Pasalnya sejak rapat kerja dengan Komisi VII DPR dan Kementerian ESDM yang dilakukan Selasa (27/8/2013) kemarin, Sekjen Kementerian ESDM juga tidak hadir.

"Kemarin Pak Sekjen tidak datang, sekarang?," tanya Sutan usai membuka rapat, di gedung DPR, Jakarta, Rabu (28/8/2013).

Pertanyaan Sutan langsung dijawab oleh Menteri ESDM Jero Wacik. Dia mengatakan Waryono sedang berhalangan datang rapat karena sakit.

"Saya laporkan Pak Sekjen sakit, ini ada surat dokternya," ungkap Jero.

Tidak hanya menjelaskan ke DPR, Jero pun langsung membacakan isi surat dokter setersebut.

"Berhubung sakit, diberikan istirahat kepada Waryono karno selama dua hari dari kemarin," isi surat yang dibacakan Jero Wacik.

Menurut Jero, meskipun sakit, Waryono masih bekerja untuk menyiapkan bahan rapat yang sedang berlangsung, namun tadi Waryono tidak kuat untuk menghadiri rapat evaluasi laporan keuangan kementerian ESDM 2012.

"Kemarin masih tetap masuk menyiapkan bahan ini, tetapi tadi katanya tidak kuat. Jadi minta ijn untuk istirahat," pungkasnya.

Sekadar informasi, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menemukan uang sebesar US$ 200 ribu di ruangan Sekjen ESDM, Wahyono Karno.

KPK pun tengah meneliti apakah ada kaitan uang itu dengan kasus suap yang menjerat mantan Kepala SKK Migas Rudi Rubiandini. (Pew/Ndw)




* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.