Sukses

Menperin: Lebih dari 1.000 Perusahaan Janji Tak PHK Karyawan

Menteri Perindustrian MS Hidayat mencatat lebih dari 1.000 perusahaan telah berkomitmen untuk tidak melakukan PHK sampai akhir tahun.

Menteri Perindustrian MS Hidayat mencatat lebih dari 1.000 perusahaan telah berkomitmen untuk tidak melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) hingga akhir 2013.

Perusahaan-perusahaan tersebut berasal dari lima sektor industri yaitu sektor teksil, garmen, furniture, mainan dan alas kaki. Bagi perusahaan yang telah meneken kontrak perjanjian tak akan memecat karyawan, pemerintah akan memberikan insentif berupa pengurangan Pajak Penghasilan (PPh) karyawan.

"Sudah ada 1000 lebih lah (perusahaan)," terang Hidayat di Kantor Direktorat Jendral Pajak Pusat, Jakarta, Rabu (28/8/2013).

Untuk menindak lanjuti paket kebijakan yang dikeluarkan pemerintah, Kementerian Perindustrian saat ini telah membentuk satu divisi dimana divisi ini akan lebih berkonsentrasi untuk berdialog dengan para pengusaha untuk meningkatkan ekspor.

"Sekarang di Perindustrian ada desk baru untuk berdialog dengan pengusaha semuanya, jadi nanti kelompok-kelompok itu akan berbicara dengan pemerintah melalui pemberkasan apa saja yang perlu dipersyaratkan kalau dia bisa meningkatkan ekspornya,"jelas Hidayat.

Hidayat menuturkan, kebijakan lanjutan mengenai pemberinan berbagai insentif yang diberikan kepada para pelaku industri ini diperkirakannya akan mampu berjelan efektif hingga beberapa bulan ke depan.

"Dalam tiga bulan saya pikir pemerintah berjanji akan menaikkan dengan fasilitas ini, kalau ke depan nanti sudah normal secara gradual akan diturunkan (insentif)," paparnya. (Yas/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.