Sukses

Dahlan Iskan Dukung BUMN Tunda Impor Pesawat Terbang

Menteri BUMN Dahlan Iskan mendukung himbauan Kemendag supaya perusahaan pelat merah menunda pembelian pesawat untuk kendalikan inflasi.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan mendukung himbauan Kementerian Perdagangan (Kemendag) supaya perusahaan pelat merah menunda atau menjadwal ulang pembelian pesawat maupun lokomotif untuk mengendalikan inflasi impor (imported inflation).

"Kami mendukung keinginan itu (himbauan Kemendag)," tuturnya singkat dalam keterangan rilisnya di Jakarta, Jumat (6/9/2013).

Dahlan menilai, jumlah impor pesawat BUMN masih terhitung sedikit, namun berimbas besar bagi neraca perdagangan Indonesia.

"Meski jumlah impor pesawat sedikit tapi memakan (menyedot) devisa sangat besar," ujarnya.

Sebelumnya, Kemendag melakukan sejumlah usaha untuk menghadapi efek dari kenaikan harga barang impor akibat pelemahan rupiah. Salah satunya meminta BUMN untuk menunda pengiriman barang impor yang tidak terlalu mendesak.

"Kami sedang bicara dengan beberapa BUMN secara intensif agar menjadwal ulang importasi pesawat terbang dan lokomotif. Karena bulan Juli impor lokomotif besar," terangnya. (Fik/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini