Sukses

Lowongan Kerja! BPS Cari 108 CPNS untuk Tenaga Surveyor

BPS membuka lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) sebanyak 108 orang tahun ini untuk tenaga surveyor.

Badan Pusat Statistik (BPS) membuka lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) sebanyak 108 orang tahun ini sebagai petugas pengumpul data di lapangan (surveyor) atau disebut dengan Koordinator Statistik Kecamatan (KSK).

"Sebenarnya kami membutuhkan ribuan tenaga surveyor, namun jatah yang diberikan hanya 108 orang KSK untuk ditempatkan di Kecamatan yang terletak di pelosok daerah, seperti timur Indonesia," ujar Deputi Bidang Statistik Produksi BPS, Adi Lumaksono saat berbincang dengan Liputan6.com di Bogor, seperti ditulis Minggu (8/9/2013).

KSK, menurut dia, bertanggung jawab terhadap penyelenggaraan statistik di wilayah kerjanya. Apabila ada kegiatan sensus besar, misalnya Sensus Pertanian setiap tahun, KSK wajib mencari tenaga pengumpul data dari mitra (outsourcing).

Adi menerangkan, seorang KSK harus mampu mengemban amanah besar jika ditugaskan untuk merangkap jabatan alias memegang dua wilayah kerja sekaligus.

"Gajinya ya tetap sama, hanya saja kami akan memberikan fasilitas bagi setiap KSK supaya mempermudah kerjanya di lapangan, diantaranya sebuah sepeda motor, laptop dan sistem survei yang lebih canggih atau e-survei," ucapnya.

Syarat untuk melamar sebagai KSK, dia menyebut, berpendidikan sarjana muda D3 atau S1 (fresh graduate silahkan melamar). Jurusan Ekonomi, Tematik, Statistik.

"Sebelum terjun ke lapangan, mereka akan dibekali pelatihan secara keseluruhan sehingga dapat menjadi bekal mereka dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya," jelas Adi.

Dia berharap, pemerintah dapat segera memenuhi jatah CPNS KSK ini mengingat kebutuhan petugas surveyor di lapangan begitu mendesak, terlebih lagi BPS akan kembali melakukan Sensus Pertanian 2013 tahap II dan III. (Fik/Igw)  

Baca Juga: 
Buruan Daftar! 28 Instansi Pemerintah Sudah Buka Lowongan CPNS
Mau Jadi Anak Buah Jokowi? Pemda DKI Jakarta Cari Pegawai Baru
Berminat Jadi PNS? Kemen PAN-RB Buka Lowongan Lho..
Buruan Daftar! PPATK Buka 50 Lowongan CPNS

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini