Sukses

Lion Air Sudah Terbangi Batam-Danau Toba Sejak 6 September

Lion Air sejak 6 September 2013 membuka rute penerbangan dari Bandara Hang Nadim, Batam ke Bandara Silangit, Kabupaten Tapanuli Utara.

Maskapai Lion Air sejak 6 September 2013 membuka rute penerbangan dari Bandara Hang Nadim, Batam ke Bandara Silangit, Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) Sumatera Utara (Sumut).

Rencananya penerbangan Lion Air rute Batam-Silangit-Batam tiga kali seminggu yakni Rabu, Jumat dan Minggu.

Seperti dikutip Antara, Minggu (8/9/2013), Bupati Toba Samosir, Sumatera Utara, Kasmin Simanjuntak, menyatakan dukungan atas dibukanya rute penerbangan dari Bandara Silangit Kabupaten Tapanuli Utara tujuan Hang Nadim Batam. Karena jalur tersebut akan memudahkan akses menuju Danau Toba.

"Dengan adanya penerbangan komersial ke Silangit, akan memudahkan warga yang berkunjung ke wilayah Tapanuli, karena jarak tempuh perjalanan semakin mudah dan lebih cepat," ujar Kasmin di Silangit, Minggu.

Pembukaan rute tersebut, menurut dia, perlu didukung sepenuhnya oleh tujuh pemerintah daerah di sekitar  Danau Toba, yakni, Tapanuli Utara, Simalungun, Karo, Dairi, Toba Samosir, Humbahas dan Kabupaten Samosir.

"Jika memungkinkan kami meminta Lion Air agar ongkos pesawat Jakarta-Silangit dapat lebih murah sehingga masyarakat yang naik pesawat tujuan Jakarta tidak perlu melalui Bandara Kuala Namu lagi," katanya.

Sementara itu, Kepala Bandara Silangit Poltak Siburian menyebutkan, pembukaan rute penerbangan dari Bandara Silangit tujuan Hang Nadim, Batam, berpotensi meningkatkan kunjungan arus wisatawan ke Danau Toba.

Dikatakannya, bandara yang berlokasi tidak jauh dari Danau Toba itu, saat ini sudah bisa didarati pesawat berbadan besar, karena landasan pacu (runway) sepanjang 150 meter dengan lebar mencapai 45 meter sudah selesai dibenahi dan diperpanjang.

Menurut dia, pembenahan bandara tersebut diprioritaskan untuk melayani kebutuhan transportasi udara bagi warga di tujuh kabupaten di kawasan Danau Toba, apalagi dengan dimulainya Festival Danau Toba pada 8-14 September 2013.

Poltak mengakui sejauh ini pihaknya masih mengalami beberapa kendala dalam teknis penerbangan, termasuk belum dimilikinya alat navigasi penangkal petir, sehingga demi kenyamanan dan keamanan, aktivitas penerbangan harus dilakukan di bawah jam 14.00 WIB.    

"Lion Air mengoperasikan pesawat tipe ATR seri 500 berkapasitas 72 penumpang," katanya.

Seperti dikutip http://bandara.web.id, Harga tiket Lion Air penerbangan rute Batam Tapanuli Utara masing-masing berangkat pukul 08.30 dari Batam dan pukul 10.15 dari Silangit, sebesar Rp 665.000.

Dengan terbukanya akses penerbangan ke Tapanuli Utara akan mempercepat waktu menuju Danau Toba, yang mana jika menggunakan transportasi darat sekitar 4-5 jam. (Igw)

Baca Juga:
Bandara Silangit Tapanuli Resmi Dikelola Angkasa Pura II

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.