Sukses

10 Negara dengan Harga Gas Termurah di Dunia (1)

Sejumlah negara di dunia memberikan harga yang luar biasa murah untuk gas. Misalnya di Venezuela, harga gas di sana Rp 956 per setara liter.

Sejumlah negara di dunia memberikan harga yang luar biasa murah untuk gas. Misalnya di Venezuela, Anda bisa memperoleh satu galon gas seharga Rp 3.576, atau setara Rp 956 per setara liter.

Seperti dilansir dari The Richest, Senin (9/9/2013), Venezuela tak sendiri, masih banyak negara lain yang memanjakan rakyatnya dengan menetapkan harga yang sangat murah untuk memperoleh gas.

Berikut 5 dari 10 negara dengan harga gas termurah di dunia:


1. Venezuela

Harga gas per galon: US$ 0,32 atau Rp 3.576

Negara yang terletak di pantai utara Amerika Selatan ini merupakan salah satu eksportir minyak dan gas terbesar di dunia. Tak hanya itu cadangan minyak non-konvensional dalam jumlah besar juga tersedia di Venezuela.

Meskipun cadangan migasnya melimpah, tapi sektor listriknya bahkan tak bergantung pada ketersediaan energi tersebut. Pembangkit tenaga listrik di Venezuela lebih banyak menggunakan tenaga air.



2. Arab Saudi

Harga gas per galon: US$ 0,53 atau Rp 5.923

Negara terbesar di Timur Tengah ini memiliki cadangan minyak terbesar di dunia. Sebagian besar cadangan minyak negara tersebut berada di wilayah barat. Sekitar 95% hasil produksi minyak dari negara tersebut diekspor.  Sektor ini berkontribusi sekitar 70% dari total pendapatan negara itu.




3. Turkmenistan

Harga gas per galon: US$ 0,78 atau Rp 8.717

Turkmenistan merupakan negara pecahan Uni Soviet, yang berada di Asia Tengah. Gurun pasir menutupi sebagaian besar wilayah di negara tersebut atau dikenalan dengan `Black Sand`. Meski demikian negara ini memliki cadangan gas alam terbanyak ke empat di dunia.

Ekonomi Turkmenistan naik dua kali lipat ditopang sumber daya migas yang melimpah. Pasokan migas untuk Rusia dan Iran pun disediakan negara tersebut. Negara ini juga tercatat mengekspor tenaga listrik ke negara-negara tetangganya dan sejumlah negara lain di Asia Tengah.




4. Qatar

Harga gas per galon: US$ 0,88 per atau Rp 9.834

Minyak pertama kali ditemukan di Qatar pada 1940 dan penemuan tersebut mentranformasi ekonominya. Seluruh kegiatan produksi dan distribusi migas di negara ini bebas pajak dan berhasil membuat tingkat pengangguran hanya sebesar 0,1%.

Negara Timur Tenga ini terbukti memiliki cadangan migas dalam jumlah besar dan dianggap sebagai negara terkaya di dunia. Selain itu, indeks perkembangan sumber daya manusianya pun merupakan yang tertinggi di seluruh kawasan Timur Tengah.




5. Kuwait

Harga gas per galon: US$ 0,98 atau Rp 10.952

Pertama kali pada 1930-an, minyak ditemukan di Kuwait. Sayangnya, meski sudah merdeka dari jajahan Inggris pada 1961, industri migas di Kuwait masih sulit berkembang.

Saat ini, negara tersebut memiliki cadangan minyak terbesar kelima dunia, dengan kontribusi dari penjualan minyak mencapai 95% dari total pendapatan negara tersebut.

jumlah minyak mencapai 95% dari total pendapatannya. Negara ini dianggap sebagai negara paling kaya ke-11 di dunia berdasarkan pendapatan per kapita. (Sis/Ndw)



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.