Sukses

10 Negara dengan Harga Gas Termurah di Dunia (2)

Sebagian besar negara penghasil gas di kawasan Timur Tengah menyuguhkan gas untuk rakyatnya dengan harga yang sangat murah.

Banyak negara kini telah mengembangkan gas menjadi energi alternatif untuk menggantikan minyak untuk bahan bakar kendaraan. Selain lebih murah, gas juga dikenal sebagai energi yang ramah lingkungan.

Tak mau kalah, pemerintah Indonesia pun kini tengah giat menggalakkan program konversi bahan bakar minyak (BBM) ke gas. Sejumlah stasiun pengisian bahan bakar gas (SPBG) terlihat mulai dibangun di Jakarta.

Seperti dilansir dari The Richest, Senin (9/9/2013), harga gas di sejumlah negara memang murah adanya. Sebut saja Venezuela, Anda bisa memperoleh satu galon gas dengan merogoh kocek Rp 3.576, atau setara Rp 956 per setara liter.

Tak hanya itu, sebagian besar negara penghasil minyak dan gas di kawasan Timur Tengah pun menyuguhkan harga yang tak kalah murahnya. Di Bahrain, Anda hanya perlu uang Rp 3.000 untuk memperoleh satu liter gas.


Berikut 5 dari 10 negara dengan harga gas termurah di dunia (Baca Juga: 10 Negara dengan Harga Gas Termurah di Dunia (1):


6. Bahrain

Harga gas per galon: US$ 0,98 per galon atau Rp 10.952

Sejak ditemukan pada 1931, minyak di Bahrain baru mulai diproduksi setahun setelahnya, sekaligus menjadi produksi pertama di Teluk Persia. Modernisasi yang terjadi di negara ini begitu cepat.

Hingga saat ini Bahrain mengekspor 60% hasil produksi migasnya ke sejumlah negara. Sektor ini menyumbang 70% dari pendapatan negara tersebut, dan 11% dari Produk Domestik Bruto (GDP).



7. Aljazair

Harga bensin per galon: US$ 1,09 atau Rp 12.181

Negara ini merupakan eksportir gas terbesar keenam di dunia dan memiliki cadangan gas alam terbesar ke-10 di planet ini. Aljazair juga tercatat memiliki cadangan minyak terbesar ke-16 di dunia.

Sebagai produsen minyak dan gas terbesar di kawasan Afrika dan Mediteranian ini, perekonomian Aljazair sangat bergantung pada kedua komoditas tersebut.

8. Yaman

Harga gas per galon: US$ 1,62 atau Rp 18.105

Yaman dianggap sebagai salah satu pusat peradaban manusia tertua di kawasan Timur Tengah. Negara ini merupakan satu-satunya di semenanjung Arab yang pemerintahannya berbentuk republik. Yaman memiliki cadangan minyak dalam jumlah sedikit dibandingkan negara-negara tetangganya.

Tak hanya itu, Yaman bahkan tak memiliki cadangan minyak sedikitpun hingga 2007. Yaman merupakan salah satu negara termiskin di kawasan Timur Tengah. Meski demikian, harga minyak dan gas di sana tetap sangat murah.


9. Oman

Harga gas per galon: US$ 1,66 atau Rp 18.552

Negara di bawah pemerintahan kerajaan ini memiliki parlemen dan sejumlah anggota legislatif. Di kawasan Timur Tengah, Oman dapat dikatakan sebagai negara dengan perekonomian paling stabil dan maju.

Dibandingkan sejumlah negara tetangganya, Oman hanya memiliki sedikit cadangan minyak tapi cukup untuk menjadikannya sebagai negara dengan jumlah cadangan minyak terbanyak ke-24 di dunia.


10. Uni Emirat Arab

Harga gas per galon: US$ 1,7 atau Rp 19 ribu

Berada di bagian tenggara Timur Tengah, negara ini mulai mengekspor minyak sejak 1962. Perekonomiannya lalu bertransportasi mengingat pemerintah mengalokasikan pendapatan dari ekspor minyak tersebut untuk pendidikan, infrastruktur, dan jaminan kesehatan.

Saat ini Uni Emirat Arab memiliki pendapatan per kapita terbesar ke-7 di dunia berkat dorongan cadangan minyak terbanyak ke-17 di dunia. Sedangkan pasokan gasnya menempati posisi ke-17 di dunia. (Sis/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini