Sukses

Askes Gaet 3 Bank BUMN Layani Premi BPJS Kesehatan

PT Askes (Persero) menggandeng tiga bank pemerintah untuk mempermudah pembayaran iuran premiu peserta BPJS Kesehatan.

PT Askes (Persero) menggandeng tiga bank pemerintah yaitu PT Bank Rakyat Indonesia (Persero), PT Bank Nasional Indonesia (Persero) dan PT Bank Mandiri (Persero), untuk mempermudah pembayaran iuran premi peserta Badan Pengelola Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

Kerja sama itu ditandai dengan penandatanganan Deklarasi Kesiapan Perbankan antara Askes dengan ketiga bank tersebut di Hotel Novotel, Mangga Dua, Jakarta, Senin (9/9/2013).

"Pada kesempatan ini mewakili manajemen PT Askes kami menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada mitra ketiga perbankan yang telah menyikapi kerjasama penerimaan iuran melalui Chanel perbankan yang akan kita uji cobakan hari ini,"ungkap Direktur Keuangan PT Askes, Purnawarman Basundoro.

Pada kesempatan tersebut, ketiga bank juga melakukan uji coba penerimaan iuran melalui internet banking, automatic teller machine (ATM) dan melalui teller.

Selain kerja sama pembayaran melalui chanel perbankan, kerja sama lain yang sedang dalam pembahasan adalah kerja sama pengumpulan iuran melalui sistem Payment Poin Online Banking (PPOB) dengan kendali Bank BNI, BRI dan Mandiri.

Sementara itu, Direktur Technology and Operations Bank Mandiri Kresno Sudiarsi  berharap dengan layanan dan jaringan yang dimiliki Bank Mandiri yang tersebar di seluruh Indonesia mampu membantu Askes dalam mengcover 250 juta penduduk Indonesia.

"Bank Mandiri mendukung sepenuhnya pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) bagi seluruh lapisan masyarakat Indonesia. Melalui program tersebut, masyarakat dapat segera melakukan pendaftaran dan memanfaatkan fasilitas jaminan kesehatan dimaksud tersebut,"jelasnya.

Sekedar informasi, dalam rangka Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) dan sesuai amanat Undang-Undang No 24 tahun 2011 mulai 1 Januari 2014 PT Askes akan bertransformasi menjadi BPJS Kesehatan.

Untuk menyukseskan transformasi berjalan dengan lancar, PT Askes terus berbenah diri dan proaktif bersama-sama pemerintah, stakeholder dan mitra dalam menyiapkan layanan yang terbaik kepada peserta BPJS. (Yas/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini