Sukses

Mobil Murah Ayla Guncang Bursa Saham Tokyo

Tak hanya di dalam negeri, kemunculan Daihatsu Ayla juga membuat geger bursa saham Jepang

Tak hanya pasar otomotif domestik, langkah PT Astra Daihatsu Motor memproduksi mobil murah Ayla juga menggoyang pasar modal Jepang. Penjualan saham Daihatsu Motor Co tercatat naik pesat dalam empat pekan terakhir di Bursa Tokyo seiring rencana unit bisnisnya yang menjual sejumlah model kendaraan murah di Indonesia.

Seperti dilansir Bloomberg, Selasa (10/9/2013), produsen mobil yang berbasis di Osaka Jepang ini memperoleh keuntungan sebesar 3,8%, atau tertinggi sejak 13 Agustus, sebelum dijual di level 1,946 yen, naik sebesar 3,3% pada perdagangan pukul 10:42 waktu Tokyo. Sementara indeks Nikkei 225 hanya mampu menguat 1,1%.

Mobil Daihatsu Ayla mencuat ke permukaan setelah pemerintah Indonesia mengumumkan sejumlah subsidi dan pajak mobil murah. Mobil yang juga dijual dengan nama Agya di bawah merek Toyota ini merupakan mobil hemat bahan bakar. Daihatsu yang 51% sahamnya dimiliki Toyota berencana menjual 4.000 mobil Ayla dalam sebulan. Sementara itu, Toyota menargetkan penjualan sebanyak 5.000 tipe Agya setiap bulannya.

"Mobilnya murah, dan karena sebelumnya belum ada model mobil kompak seperti ini di Indonesia, Daihatsu bisa menciptakan pasar baru," ujar Koichi Sugimoto, seorang analis mobil di BNP Paribas SA yang berbasis di Tokyo.

Dia juga mengatakan, pemerintah Indonesia tengah berupaya untuk melebarkan pasarnya dengan sejumlah insentif. Selain itu model mobil murah ini memiliki posisi penting bagi Daihatsu.

Kedua perusahaan tersebut mengungkapkan, Ayla akan dijual mulai dari Rp 76,1 juta, sementara Agya Toyota akan dijual mulai dari harga Rp 99 juta. Kedua model tersebut dirakit di pabrik Daihatsu Indonesia. (Sis/Shd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini