by Ilyas Istianur Praditya

Mobil Listrik KTT APEC Tinggal Tunggu Sertifikasi Kemenperin

  • Ekonomi
  • 0
  • 10 Sep 2013 14:40
Penggarapan mobil listrik generasi kedua, salah satunya tipe sport bernama Selo rampung dikerjakan. Kendaraan yang akan menjadi mobil andalan terbaru Menteri BUMN Dahlan Iskan ini rencananya juga akan dipakai para Kepala Negara pada KTT APEC di Bali.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan saat ditemui di Gedung DPR RI mengaku saat ini masih menunggu surat sertifikasi dari Kementerian Perindustrian (Kemenperin) yang menjadi tanda kendaraan tersebut layak dikendarai.

"Ini lagi diproses di Kementerian Perindustrian untuk mendapatkan sertifikasi, sudah jadi," ujar dia, Selasa (10/9/2013).

Dahlan menyebutkan, mobil listrik yang sedang mengalami proses perizinan di Kemenperin ada tiga tipe, yakni tipe Bus, tipe Alpard dan juga tipe Sport atau yang disebut Selo. "Ada bus, sejenis Alpard, dan tipe sport (Selo), yang lagi diproses perizinan sertifikasinya," ungkapnya.

Dahlan berharap proses perizinan sertifikasi pada mobil listrik generasi kedua ini dapat diselesaikan pada 20 September tahun ini.

Tidak hanya itu, pada Oktober 2013 Indonesia terpilih sebagai tuan rumah penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) APEC di Bali.

Rencananya, kendaraan operasional para pimpinan negara maupun jajaran staf yang hadir dalam KTT APEC akan menggunakan mobil listrik ini.

"Sebenarnya saya sudah nggak sabar ingin mengendarai, tapi menunggu sertifikasi dulu,"pungkasnya. (Yas/Nur)

(Nrm)
Comments
Sign in to post a comment