Sukses

Jero Wacik Ungkap 2 Hal yang Bikin Mati Lampu, Apa Sajakah?

Menteri ESDM Jero Wacik mengungkapkan ada dua hal yang menyebabkan gangguan pemadaman listrik yang terjadi di sejumlah daerah. Apa sajakah?

Menteri Enegi Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik mengungkapkan ada dua hal yang menyebabkan gangguan pemadaman listrik yang terjadi di sejumlah daerah di Tanah Air.. Untuk itu, instasinya akan terus melakukan perbaikan untuk meminimalisir pemadaman listrik.

Gangguan pertama yang menjadi penyebab listrik padalam adalah gangguan teknis. Saat gangguan teknis terjadi biasanya pemadaman tidak berlangsung lama karena PT PLN (Persero) akan segera mengatasinya.

"Kalau ada pemadaman biasanya ada dua penyebab, Listirk penyebab pertama teknis tersambar petir, biasanya lima menit gangguan Dirut PLN komunikasikan ke saya," kata Jero , di Kantornya, Jakarta, Selasa (10/9/2013).

Gangguan kedua yang menyebabkan listrik padam adalah kekurangan pasokan listrik. Menurut Jero, hal tersebut disebabkan oleh pertumbuhan kebutuhan yang tidak diiringan dengan pasokan listrik yang memadai.

"Kenapa kekurangan? Ya, karena industri maju dan kebutuhan masyarakat nambah," ungkapnya.

Menurut Jero, kekurangan pasokkan listrik tersebut hanya dapat diatasi dengan pembangunan pembangkit. Karena itu dirinya meminta kemudahan pada setiap proyek ketenaga listrikan.

" Itu hanya dapat diselesaikan dengan membangun pembangkit. Makanya jangan dipersulit perizinan, karena kita butuh," ungkapnya.

Selin itu Jero mengaku telah meminta PLN untuk meningkat kapasitas pembakitnya, namun dengan pembangkit yang bersuber dari Energi Baru Terbarukan (EBT). "Saya memang minta PLN tidak membangun pembangkit BBM, tapi dengan EBT. Berapapun potensi itu, harus dibangun. Kita memang kejar2an dengan kebutuhan, penyaluran dan pembangkit," pungkasnya. (Pew/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini