Sukses

Bisnis Batu Bara RI Terganggu Jika China Terapkan Pajak Impor

"Itu jelas mengganggu, ekspor batu bara kita ke China kan paling besar," ungkap Direktur Jenderal Mineral dan Batu Bara Thamrin Shite.

Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) akan melakukan koordinasi dengan Kementerian Perdagangan terkait rencana pemerintah China menetapkan bea masuk batu bara kalori rendah sebesar 3%.

"Kalau yang saya dengar pertama hanya untuk low rank, kami akan meminta penjelasan dulu," kata Direktur Jenderal Mineral dan Batu Bara Thamrin Shite di Jakarta, Rabu (11/9/2013).

Menurut Thamrin, rencana pemerintah Negeri Tirai Bambu tersebut sangatlah menggangu pengusaha batu bara Indonesia. Pasalnya, China merupakan negara tujuan ekspor utama bagi Indonesia.

"Itu jelas mengganggu, ekspor batu bara kita ke China kan paling besar," ungkapnya.

Sementara itu, guna mengurangi ekspor, pemerintah sedang mendorong penyerapan batu bara oleh pelanggan domestik. Salah satunya, dengan meminta para pengusaha mengubah batu bara menjadi gas. Pemerintah juga mendesak para pengusaha membangun pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) di mulut tambang.

"Yang sekarang sedang kita buat kebijakan batu bara itu jadi liquid, jadi gas," terang dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.