Sukses

Kemenperin Buka 340 Lowongan CPNS

Kementerian Perindustrian membuka rekrutmen pelamar umum sebanyak 340 Formasi dengan 45 jabatan prioritas.

Terbuka lagi peluang bekerja bagi yang berminat. Kementerian Perindustrian (Kemenperin) membuka kesempatan bagi lulusan Strata 3 (S3), S2, S1 atau setingkat Diploma IV (DIV), DIII atau Sarjana Muda, dan Sekolah Menengah Kejuruan untuk menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

“Kementerian Perindustrian membutuhkan anak-anak muda yang memiliki kompetensi sekaligus berintegritasi tinggi membangun negara dan bangsa serta melanjutkan tongkat estafet kepemimpinan,” kata Kepala Biro Kepegawaian Agus Mundiyono di Jakarta, Rabu (11/9/2013).

Berdasarkan Persetujuan Prinsip Alokasi Formasi CPNS Tahun Anggaran 2013 yang ditetapkan Kementerian Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Kementerian Perindustrian membuka rekrutmen pelamar umum sebanyak 340 Formasi dengan 45 jabatan prioritas.

Kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan, antara lain jurusan Teknik Industri, Hubungan  Internasional, Hukum, Ekonomi/Manajemen, Desain/Seni Rupa, Teknik Elektro, Teknik Metalurgi, Teknik Tekstil, Teknik Sipil, Komunikasi, Kimia Analis, Farmasi, Fisika, Matematika, Psikologi, dan Akuntasi.

Pelamar harus memiliki kemampuan bahasa Inggris yang baik dengan nila TOEFL minimal 475 khusus jenjang pendidikan DIV, S1, S2, dan S3. Batas usia pelamar  untuk tingkat SMK maksimal 22 tahun, DIII/Sarjana Muda maksimal 25 tahun, DIV atau S1 maksimal 28 tahun, S2 maksimal 30 tahun, dan S3 maksimal 35 tahun.

Persyaratan Indeks Prestasi Jenjang Pendidikan untuk S2 minimal IPK 3,25, S1/D.IV/D III minimal IPK 2,75, dan untuk SMK minimal nilai rata-rata Ujian Akhir Nasional (UAN) 7,0.

Jenjang pendidikan S3, S2, S1 dan D.IV harus akreditasi A, kecuali untuk bidang studi yang belum ada akreditasi A di seluruh Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia minimal akreditasi B. 

Sedangkan, minimal akreditasi B bagi Perguruan Tinggi Negeri di luar Pulau Jawa dan Perguruan Tinggi di lingkungan Kementerian Perindustrian.

Untuk  jenjang pendidikan DIII minimal akreditasi B atau minimal terakreditasi untuk bidang teknologi industri kulit. Dan, jenjang Pendidikan SMK harus Akreditasi A.

Sementara itu, persyaratan dokumen validasi yang dibutuhkan, antara lain formulir pendaftaran dari hasil cetakan pendaftaran online, fotokopi ijazah terakhir/STTB yang telah disahkan/dilegalisir pejabat yang berwenang beserta transkripnya, akreditasi SMK dan perguruan tinggi, pas foto 3 x 4 sebanyak 3 lembar dengan latar belakang warna merah, serta fotokopi KTP.

Rencana Pelaksanaan Rekrutmen CPNS Kemenperin yakni pengumuman melalui media cetak dan website Kemenperin (11 - 25 September 2013), kemudian registrasi online di website Kemenperin (16 - 25 September 2013).

Ujian online di website Kemenperin (28 September 2013), validasi dokumen persyaratan administrasi (7 - 12 Oktober 2013), ujian tes kompetensi dasar (TKD) dengan lembar jawaban komputer (UK) (3 November 2013), ujian tes kompetensi bidang (TKB): psikotest, wawancara dan tes kemampuan mengajar bagi formasi dosen, guru dan instruktur (18 November 2013). (Nur)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini