Sukses

Monorel Jakarta Gunakan Kereta Buatan Dalam Negeri

PT Jakarta Monorail bakal menggandeng BUMN untuk mengembangkan pabrik monorel pertama di Indonesia.

Guna mempersiapkan dimulainya pembangunan fisik monorel pada 16 oktober 2013, PT Jakarta Monorail (JM) bakal menggandeng sedikitnya tiga perusahaan China sebagai mitra. Salah satu diantaranya bakal menjadi mitra  JM dalam pembangunan pabrik monorel pertama di Indonesia.

"Nantinya Ortus Holding juga akan memiliki pabrik monorel," kata Direktur Ortus Holdings, Banyu Biro Djarot, dalam keterangan tertulisnya, Senin (16/9/2013),  

Banyu menjelaskan, tiga perusahaan yang akan menjalin kerjasama dengan JM adalah China Communication Construction Company (CCCC) yang bertindak sebagai turnkey conrtractor.

Sementara untuk pembiayaan proyek monorel, JM menggandeng  Industrial and Commercial Bank of China (ICBC).

Terakhir, JM akan menandatangani kontrak dengan China Northern Railways (CNR). Dalam perjanjian ini, Ortus Holdings akan bermitra dengan anak perusahaan CNR, yaitu Changchun Railways Vehichels Co Ltd, untuk maintenance, repair, assembling, dan manufaktur kereta monorel.

Dari kerjasama dengan CNR, JM nantinya akan memiliki pabrik monorel pertama di tanah air.

Dalam rangka pendirian pabrik monorel tersebut,  Ortus Holdings berencana menggandeng BUMN Indonesia. "Dengan demikian, diharapkan pada waktunya proyek monorel di Jakarta, dan Indonesia pada umunya, akan menggunakan produksi dalam negeri," katanya.(Yas/Shd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini