Sukses

Dua Merek BUMN yang Sulit Digeser Pesaingnya

Menteri BUMN Dahlan Iskan berharap branding masih dalam perhitungan perusahaan.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan mengungkapkan dua perusahaannya yaitu PT Garuda Indonesia (Persero) dan PT Telekomunikasi Indonesia Tbnk (Persero) memiliki branding yang sudah cukup kuat. Posisi ini membuat pesaingnya sulit menggeser kedua perusahaan itu.

"Branding lokal sudah cukup kuat, Garuda lumayan sudah kuat, Telkomsel branding-nya sudah cukup kuat," ungkapnya di Hotel Pullman, Jakarta, Selasa (17/9/2013).

Selain perusahaan pelat merah, Dahlan juga mengakui PT Indofood sudah memiliki branding yang sangat kuat pada produk mie instan. "Makanan Indomie, Supermie branding sudah sangat kuat. Dan Ini bangkitlah,"tegasnya.

Demi membangkitkan branding perusahaan pemerintah, Dahlan menyarankan beberapa BUMN untuk memasukkan faktor merek dalam perhitungan value perusahaan.

"Kalau dulu value kan rugi laba, branding nggak dimasukkan ke value, sekarang branding sudah diakui sebagai suatu aset atau yang penting dalam persaingan,"paparnya.

Namun diakuinya, pengembangan branding ini lebih mudah dilakukan oleh swasta. Sementara perusahaan-perusahaan pemerintah masih terganjal aturan negara.

"Sebaiknya yang begini-begini swasta lah jangan pemerintah, pemerintah itu terbatas," pungkasnya. (Yas/Shd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.