Sukses

Buka Konter Khusus Haji, Mandiri Cegah Jemaah Kehilangan Uang

Kemenag menggandeng Bank Mandiri, Bank Mandiri Syariah, BNI, dan BRI untuk membuka konter layanan khusus jemaah haji.

Aktivitas keuangan jemaah haji di embarkasi dan Arab Saudi pada tahun ini semakin mudah. Hal ini tak terlepas dari keputusan Kementerian Agama yang menggandeng empat bank untuk membuka konter layanan keuangan di seluruh embarkasi di Indonesia.

Keempat bank yang ditunjuk tersebut adalah PT Bank Mandiri Tbk, PT Bank Syariah Mandiri, PT Bank Negara Indonesia Tbk, dan PT Bank Rakyat Indonesia Tbk.

"Melalui pembukaan layanan ini, jamaah dapat menarik dana tunai di tanah suci dengan menggunakan kartu ATM yang disediakan perbankan," kata Senior Vice President Insitutional Banking I Bank Mandiri, Anton Zulkarnain dalam keterangan tertulisnya, Selasa (17/9/2013).

Anton menjelaskan, pembukaan konter layanan keuangan ini merupakan salah satu bentuk layanan dari pemerintah bagi jamaah haji. Tujuannya, agar para jamaah tidak membawa dana tunai dalam jumlah besar ke tanah suci sehingga, risiko kehilangan dapat dicegah.

Konter layanan keuangan di Indonesia akan digunakan untuk membantu pembagian living cost jamaah haji dalam mata uang Saudi Arabian Riyal (SAR), penyetoran tunai dana rupiah untuk jamaah membawa uang tunai dalam jumlah besar. Sedangkan konter layanan di Mekah akan digunakan untuk membantu jamaah melakukan penarikan dana melalui ATM yang berada di Makkah.

Di Mekah, konter layanan tersebut juga dapat membantu nasabah dalam menggunakan Kartu ATM serta membantu pelaporan dan pemblokiran rekening jika kartu ATM Hilang serta proses penggantian Kartu ATM yang hilang. (Shd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini