Sukses

Pendaftar CPNS Kementerian Keuangan Membludak

Antusias masyarakat Indonesia untuk mengikuti seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) setiap tahun ternyata sangat tinggi.

Antusias masyarakat Indonesia untuk mengikuti seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) setiap tahun sangat tinggi. Bahkan Kementerian/Lembaga mengaku menerima berkas pelamar yang jauh melebihi jatah kursi PNS yang ditetapkan pemerintah.

Sekretaris Jenderal Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Kiagus Ahmad Badaruddin mengungkapkan, pihaknya menerima ratusan ribu pendaftar sejak pembukaan CPNS bulan Juli lalu hingga saat ini.

"Pendaftar CPNS yang sudah masuk ke kami ada sekitar 110 ribu. Padahal kami membuka lowongan penerimaan CPNS tahun ini untuk sekitar 3.000 orang," tuturnya saat ditemui di Jakarta, Selasa (17/9/2013) malam.

Kiagus mengaku, pihaknya sudah terbiasa menangani membanjirnya minat masyarakat yang ingin berlomba-lomba mengikuti seleksi CPNS setiap tahun. "Sudah biasa dari tahun ke tahun memang seperti itu. Malah lebih parah dari SPMB," canda dia.

Dari laman resmi Departemen Keuangan (Depkeu), lembaga ini membuka kesempatan kepada para sarjana atau sarjana muda, mulai dari tingkat D-III dan S-I serta tingkat SMK berbagai jurusan untuk menjadi PNS di lingkungan Kemenkeu.
 
Kementerian ini membuka lowongan PNS untuk jabatan Analis Pajak, Penata Laporan Keuangan, Analis Bea Cukai, Analis Fiskal, Juru Motor, Verifikator Pajak dan Bea Cukai, Analis Laboratorium, Juru Mudi, Juru Minyak, Kelasi Kapal, Operator X-Ray dan lainnya. Sehingga jumlah formasi kebutuhan PNS tahun ini mencapai 2.909 kursi.

Syarat bagi para peminat yaitu:

a. Warga Negara Indonesia (WNI) yang dibuktikan dengan melampirkan fotokopi kartu identitas, dapat berupa KTP/SIM yang masih berlaku

b. Pelamar tidak pernah dipenjara/dihukum yang dibuktikan dengan melampirkan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) asli

c. Pelamar dalam keadaan sehat jasmani dan rohani yang dibuktikan dengan melampirkan Surat Keterangan Sehat asli yang ditandatangani oleh dokter pemerintah; d. Pendidikan sesuai dengan kualifikasi jabatan yang dibutuhkan, memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) dengan nilai minimal 3.00 (skala 4.00)

Adapun tahapan rekrutmen di Kementerian Keuangan terdiri dari:

a. Seleksi Administrasi
b. Tes Kompetensi Dasar
c. Psikotes
d. Tes Kesehatan dan Kebugaran
e. Wawancara yang diperuntukkan bagi peserta dengan tingkat pendidikan sarjana
f. Pemberkasan

Pendaftaran dapat dilaksanakan secara online melalui website http://rekrutmen.kemenkeu.go.id mulai
tanggal 6 September 2013 sampai dengan tanggal 20 September 2013. (Fik/Nur)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Kementerian Keuangan merupakan salah satu kementerian negara di lingkungan Pemerintah Indonesia yang membidangi urusan keuangan negara.

    kemenkeu

  • CPNS adalah pegawai yang baru lulus tes seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil tahap pertama.

    CPNS

  • Lowongan CPNS