Sukses

Kementerian BUMN Tak Buka Lowongan CPNS Tahun Ini

Beberapa kementrian dan lembaga kenegaraan sedang berlomba-lomba menjaring CPNS untuk mengisi formasi karyawan di instansinya.

Beberapa kementrian dan lembaga kenegaraan sedang berlomba-lomba menjaring Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk mengisi formasi di instansinya.

Namun dari sekian banyak instansi, mungkin Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tidak berkeinginan menambah jumlah PNS. Mengapa demikian?

Menteri BUMN Dahlan Iskan menjelaskan, jajaran birokrasi di kementeriannya saat ini masih terfokus pada program reformasi birokrasi pemerintah. Sebab itu pihaknya justru sedang melakukan pemangkasan birokrasi agar tidak terjadi penggemukan karyawan.

"Kita pingin supaya tidak gemuk, dan tidak ada keperluannya. Bahkan kita mengurangi jumlah pejabat 20% karena satu deputi dikurangi, jadi semangat kita malah mengurangi,"ujar Dahlan seperti ditulis Rabu (18/9/2013).

Dahlan menambahkan bagi para pencari lowongan CPNS untuk Kementrian BUMN akan lebih diarahkan kepada perusahaan-perusahaan BUMN yang memang sedang membuka lowongan. "Yang merekrut di perusahaan BUMN bukan dikementerian BUMN," tegas dia.

Meski demikian, Dahlan mengaku tidak menutup kemungkinan Kementerian BUMN baru akan membuka lowongan CPNS pada tahun depan mengingat ada beberapa kursi jabatan yang memerlukan regenerasi.

Leih lanjut Dahlan menjelaskan, selama ini justru Kementerian BUMN mendapatkan pujian dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) terkait reformasi birokrasi yang dilakukan.

"Tidak merekrut bertahun-tahun juga tidak betul. Tahun depan baru buka, Menpan ngomong di sidang kabinet, seharusnya kementerian lain contoh kementerian BUMN," pungkasnya. (Yas/Nur)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini