Sukses

PLN Janji November Listrik di Sumut Normal

Pasokan listrik di Sumatera Utara dipastikan normal kembali pada November.

Direktur Utama PT PLN Nur Pamudji memastikan pemadaman listrik yang terjadi di Sumatera Utara hanya berlangsung hingga akhir Oktober 2013. Pasokan listrik di Sumatera Utara dipastikan normal kembali pada November.

Pemadaman ini sendiri terjadi karena PLN mengalami defisit atau terjadi kekurangan pasokan listrik untuk wilayah tersebut.

"Ini berakhir pada akhir oktober, awal november sudah kembali normal," ujarnya di Gedung Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta Pusat, Kamis (19/9/2013).

Menurut dia, untuk mengatasi hal tersebut, PLN telah mendatangkan sejumlah mesin diesel dengan kapasitas 400 megawatt untuk membantu pasokan listrik di Sumatera Utara.

"Mesin diesel itu masuk secara bertahap. Waktu bertemu dengan Gubernur (Sumatera Utara) sudah kami jelaskan bahwa PLN ini mengalami defisit. Untuk harga sewa mesin diesel ini saya kurang tau angka detailnya," tutur dia.

Dia mengatakan, defisit pasokan listrik ini terjadi akibat ada pembangkit listrik diwilayah Aceh yang awalnya diprediksi bisa menyalurkan listrik ke Sumatera Utara pada pertengahan 2013, namun hal tersebut  tidak berjalan sesuai rencana.

"Tetapi semalam (pembangkit listriknya) sudah bisa tetapi statusnya masih testing, jadi kondisinya seperti itu. Makanya sebelum terjadi pemadaman yang parah seperti semalam, kami sudah mengontrak untuk mendatangkan mesin diesel 400 megawatt itu," tandas dia. (Dny/Nur)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • PLN merupakan perusahaan listrik milik negara.

    PLN

  • Listrik adalah daya atau kekuatan yang dapat digunakan untuk menghasilkan panas, cahaya, atau untuk menjalankan suatu mesin.

    Listrik