Sukses

PNS yang Jadi Calo CPNS Langsung Dipecat

"kalau terbukti masih ada calo, dan calonya PNS maka langsung kita pecat, jika bukan PNS langsung polisi,” kata MenPAN-RB Azwar Abubakar.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Azwar Abubakar mengatakan, seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada tahun 2013 untuk jalur umum kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Ia menjamin seleksi kali ini akan bebas dari calo.

“Perubahan baru saja dimulai. Saya rasa kita harus siap menghadapi perubahan, masyarakat juga harus ikut mengawasi, kalau memang terbukti masih ada calo, dan calonya Pegawai Negeri Sipil (PNS) maka langsung kita pecat, kalau bukan PNS langsung polisi,” kata Azwar dikutip dari laman Sekretariat Kabinet, Jumat (20/9/2013).

Azwar menegaskan, seleksi penerimaan CPNS tahun akan akan benar-benar bersih dari unsur Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme karena pemerintah ingin mendapatkan putra-putri terbaik bangsa.

“Jadi seperti orang masuk kampus tes di universitas, ada 1000 yang mendaftar dan hanya 100 yang bisa masuk universitas tersebut, akan tetapi tidak ada yang protes, karena prosesnya jujur dan adil, sama halnya penerimaan CPNS saat ini,” ujar Azwar.

Menurut Azwar, dengan sistem yang baru ini untuk perekrutan CPNS sudah tidak lagi bisa membuat orang bermain di dalamnya. “Apalagi calo, saya sendiri saja tidak bisa. Jadi kalau ada yang ingin mendaftar sebagai CPNS ya harus belajar baik-baik,” papar Azwar.

Untuk membuat suatu perubahan khususnya penerimaan CPNS, lanjut dia, caranya tidak mudah, perlu perencanaan yang matang. Dari pembuatan soal, mencetak sampai mendistribusikan soal perlu diawasi dengan cermat. Hal inilah yang sedang diperjuangkan oleh Kementerian PAN-RB, dan membutuhkan kerja sama dengan berbagai pihak.

“Kementerian PAN-RB telah menggandeng beberapa institusi terkait untuk mensukseskan penerimaan CPNS tahun ini, antaralain ada Lembaga Sandi Negara, Kepolisian, jajaran kampus, BPPT, BKN, ICW, dan Ombudsman,” ungkap Azwar.(Ndw)

Baca Juga:

Lowongan CPNS Terbesar! Kemendikbud Cari 3.183 Pegawai Baru

Mau Jadi Intelejen? BIN Buka Lowongan 151 CPNS

Tak Lolos PNS, Honorer Bisa Jadi Pegawai Kontrak


Pendaftar CPNS Kementerian Keuangan Membludak
Lowongan CPNS Terbesar! Kemendikbud Cari 3.183 Pegawai Baru

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.