Sukses

Indorama Yakin Kebagian Insentif Tax Holiday dari Pemerintah

Indorama Group, produsen tekstil, yakin memperoleh fasilitas insentif tax holiday dari pemerintah.

Indorama Group, produsen tekstil, yakin memperoleh fasilitas insentif tax holiday dari pemerintah untuk salah satu perusahaannya, PT Indorama Polychem Indonesia. Perusahaan ini merupakan anak perusahaan Indorama Venture Public Company Limited di Thailand.

Direktur PT Indorama Synthetics VS Baldwa menilai perusahaan layak mendapatkan insentif karena telah menanamkan investasi dengan nilai cukup besar.

"Kita pikir kita terima tax holiday juga karena besar investasi lebih dari US$ 180 juta, selain itu kita ada input subtitusi dan kualitas kita terbaik di ASEAN," ujar dia usai peresmian Politeknik Enjinering Indorama (PEI) di Purwakarta, Jawa Barat, Senin (23/9/2013).

Sementara itu, Kepala Pusat Pengkajian Kebijakan Iklim dan Mutu Industri Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Haris Munandar mengatakan, pengajuan untuk mendapatkan tax holiday perusahaan tersebut tengah diproses dan saat ini sudah masuk ke tim teknisi di Kementerian Keuangan.

"Kalau sudah disana, kemudian ke komite verifikasi, setelah itu tinggal di Menteri Keuangan. Nah tinggal dapat atau nggak. Kalau dapat, itu berapa tahun," lanjut dia.

Haris menjelaskan, seharusnya Indorama sudah bisa mendapatkan keputusan soal insentif tersebut karena telah mengajukan sejak bulan Mei lalu. Namun selama beberapa bulan terkendala pada proses administrasi. Pada Oktober mendatang dinilai sudah ada keputusan soal hal tersebut.

"Seharusnya malah lebih awal, kemarin kelamaan di administrasi, karena kan ada pergantian Menteri (Keuangan) sehingga mundur lagi," tandas dia. (Dny/Nur)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.