Sukses

PLN Sewa Genset Setahun buat Atasi Byar Pet di Sumut

PT PLN (Persero) menyewa genset berkapasitas 150 megawatt (MW) untuk memenuhi kebutuhan listrik di Sumatera Utara.

PT PLN (Persero) menyewa genset berkapasitas 150 megawatt (MW) untuk memenuhi kebutuhan listrik di Sumatera Utara. Perusahaan listrik pelat merah itu membayar Rp 300 per kilowatthour (kWh).

Direktur Operasi Jawa Bali Sumatera Ngurah Adnyana mengatakan, aksi penyewaan genset tersebut sudah melewati proses tender dan sudah ada penunjukan perusahaan pengadaan genset.

"Sumatera utara proses sewa genset, itu sudah ada pemenang mesinnya sudah masuk sudah di Belawan, akhir Oktober sudah beroperasi 150 MW," kata Adnyana di Gedung DPR, Jakarta, (25/9/2013).

Untuk mengatasi kelangkaan listrik di Sumatera Utara, lanjut dia, genset tersebut disewa selama satu tahun diperkirakan sudah mulai beroperasi pada Oktober nanti.

"Mesin dari Singapura, Malaysia, Dubai, selama setahun, dia semacam kontainer. Kalau tidak sewa bikin pembangkit bisa berapa tahun?" ungkapnya.

Adnyana mengungkapkan, saat ini yang membuat sebagian wilayah Sumatera Utara mengalami pemadaman bergilir disebabkan tingginya pertumbuhan konsumsi listrik di wilayah itu yang mencapai 14% per tahun.

"Padahal rencana pertumbuhan kebutuhan listrik sekitar 9%. Kebutuhan meningkat, tapi di sisi lain pasokan tidak sesuai kebutuhan karena proyek pembangunan pembangkit terhambat," ujar Adnyana.

Sedangkan penyebab pemadaman listrik di Riau karena ada pembangkit yang belum beroperasi yaitu dua unit pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) Teluk Sirih 2x100 MW.

"Lalu PLTA 100 MW tidak ada airnya karena musim kering, kalau hujan beropersi lagi. Kalau Sumatera Tengah, Riau dan Padang bukan karena pembangkit, tapi variasi musim," terang dia. (Pew/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini