Sukses

[VIDEO] Jelang Idul Adha, Harga Sapi Melonjak Rp 14 Juta

Jelang Idul Adha, pedagang sapi Sleman Jogjakarta mengeluhkan sepinya pembeli karena harga jual lebih mahal.

Jelang Idul Adha, pedagang sapi Sleman Jogjakarta mengeluhkan sepinya pembeli karena harga jual lebih mahal Rp 2 juta per ekor dari sebelumnya. Di Banyuwangi Jawa Timur justru sebaliknya. Peternak kewalahan memenuhi permintaan sapi.

Harga sapi di Sleman lebih mahal terutama terjadi pada sapi jantan. Sebelumnya seekor sapi jantan ukuran besar dijual dengan harga Rp 12 juta per ekor. Namun kini melonjak menjadi Rp 14 juta per ekor.

Meski pedagang mengeluhkan sepinya pembeli harga jual tidak akan diturunkan karena optimistis permintaan akan semakin meningkat jelangi Idul Adha.
 
Di sisi lain, peternak kewalahan penuhi permintaan di Banyuwangi, Jawa timur.

Peternak dan juga pedagang sapi lokal di kelurahan Bulusan Banyuwangi Jawa timur kewalahan memenuhi permintaan sapi kurban. Peternak sampai harus mendatangkan sapi dari Bali dan Sumbawa NTB dan Flores Nusa Tenggara Timur.

Peternak kebanjiran pesanan. Hari biasa permintaan sapi hanya 60 ekor perminggu, kini bisa mencapai sekitar 200 ekor sapi. (Nur)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.