Sukses

Jadwal Penerbangan ke Bali Dipastikan `Delay` Selama APEC

Kemenhub memastikan lalu lintas jalur udara tujuan Bandara Ngurah Rai, Bali akan sangat padat sehingga akan mengakibat penerbangan tertunda.

Kementerian Perhubungan memastikan lalu lintas jalur udara dengan tujuan Bandara Ngurah Rai, Bali akan sangat padat sehingga akan mengakibatkan penerbangan tertunda (delay).

Pasalnya ribuan tamu penting dari seluruh negara bakal memadati Pulau Dewata selama konferensi Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC) berlangsung.

"(Penerbangan) pasti delay. Namanya juga kedatangan tamu begitu banyak, VIP semua lagi makanya tetap saja delay," ungkap Wakil Menteri Perhubungan, Bambang Susantono di Jakarta, Kamis (26/9/2013) malam.

Dia menambahkan, pemerintah tidak akan mengenakan sanksi kepada maskapai penerbangan yang mengalami penundaan keberangkatan maupun kepulangan dari atau ke Ngurah Rai, Bali. Akhirnya, penumpang lah yang harus menanggung kondisi ini.

"Ya tidak dapat (kompensasi ke penumpang). Jadi Dirjen Perhubungan Udara sudah mengeluarkan Peraturan Menteri (Permen) tentang delay. Jadi sementara (sanksi) tidak berlaku karena sudah ada ekspektasi akan delay," jelasnya.

Aturan tersebut, sambung Bambang hanya berlaku di bandara Ngurah Rai dengan jadwal penutupan bandara sementara pada tanggal 5-6 Oktober dan 8-9 Oktober 2013.

"Tapi tanggal 7 Oktober dibuka meski tetap ada pengaturan-pengaturan sehingga tak terhindarkan ada pengaruh ke lalu lintas udara. Jadi kalau delay, penumpang sabar saja," pungkas dia.

Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) APEC 2013 akan diselenggarakan di Nusa Dua Bali pada 1-8 Oktober ini dan bakal dihadiri sebanyak 21 kepala negara serya 1.200 CEO dunia. (Fik/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.