Sukses

Berapa Sih Tarif Tol Atas Laut Bali? Yuk, Cek di Sini

Mulai 1 Oktober 2013, Jasa Marga mengenakan tarif tol atas laut Bali. Lalu berapa tarif tol teranyar tersebut?

PT Jasa Marga melalui anak usahanya PT Jasa Marga Balitol mulai memberlakukan tarif tol Nusa Dua-Ngurah Rai-Benoa pada 1 Oktober 2013. Pengenaan tarif tersebut bertepatan dengan penyelenggaraan ajang Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC).

"Setelah seminggu digratiskan, maka 1 Oktober 2013 tarif tol Bali mulai berlaku. Itu terhitung sejak Presiden meresmikan tol atas laut Bali, dan saat ini kami sedang mensosialisasikan kepada masyarakat," terang Direktur Keuangan Jasa Marga, Reynaldi Hermansjah saat berbincang di acara UPH Distinguished Lecture Series di Jakarta, Jumat (27/9/2013).

Lalu berapa tarif tol yang disebut-sebut paling indah di Indonesia?

Reynaldi merinci, tarif jalan tol pertama di Pulau Bali ini dioperasikan menggunakan sistim terbuka dengan tarif untuk Golongan I (sedan, minibus, dan sejenisnya serta bus) sebesar Rp 10 ribu. "Dan tarif jalan tol untuk motor sebesar Rp 4 ribu," ucap dia.

Sedangkan tarif tol Golongan II (truk dengan dua gandar Rp 15 ribu, Golongan III (truk dengan tiga gandar) Rp 20 ribu, Golongan IV (truk dengan empat gandar) Rp 25 ribu dan Golongan V (truk dengan lima gandar atau lebih) Rp 30 ribu.

"Sesuai dengan aturan yang berlaku, setiap dua tahun sekali dimungkinkan tarif akan mengalami penyesuaian," terang dia.

Untuk tahun pertama, Reynaldi menargetkan, trafik kendaraan mobil dan motor yang melintas di tol Bali tersebut mencapai 39 ribu unit kendaraan per hari.

"Ke depan pasti akan meningkat, tapi kami targetkan trafik kendaraan di tol tersebut 39 ribu unit per hari di tahun pertama," pungkas dia. (Fik/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.