Sukses

PLN Beli Listrik Biomassa, Kalimantan Makin Terang

PT PLN (Persero) melakukan pembelian tenaga listrik berbasis biomassa pada tiga lokasi di Kalimantan.

PT PLN (Persero) melakukan pembelian tenaga listrik berbasis biomassa pada tiga lokasi di Kalimantan guna memenuhi kebutuhan listrik masyarakat di kawasan tersebut.

Seperti diketahui, dalam pembelian listrik tersebut PLN melakukan penandatanganan Nota Kesepakatan Pembelian Tenaga Listrik Berbasis Biomassa di Talisayan, Berau, Kalimantan Timur. Perjanjian Jual Beli Tenaga Listrik Lebih (Excess Power) di Talisayan, Kalimantan Timur, dan Nota Kesepakatan Pembelian Tenaga Listrik Berbasis Biomassa di Karangan, Kutai Timur, Kalimantan Timur, dengan PT Daya Lestari, sebuah industri pengolahan sawit.

General Manager PLN Wilayah Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara, Nyoman S Astawa mengatakan  PT Daya Lestari akan membangun pembangkit listrik berbahan bakar biomassa tahap pertama 1x1 megawatt (MW) di Talisayan. Proyek ini diperkirakan akan selesai pada 2016 dari rencana pembangunan 4x1 MW hingga 2020.

"Kita beli listrik dari mereka untuk kita salurkan Talisayan karena angka pertumbuhan listriknya tinggi sejak Talisayan akan dijadikan ibukota daerah pemekaran," kata Astawa seperti dalam laporan tertulisnya di Jakarta, Senin (30/9/2013).

Astawa menjelaskan, pembangkit listrik milik Daya Lestari memiliki kelebihan pasokan hingga 200 kilowatt (Kw). Pasokan listrik dari pembangkit ini sudah mengalir ke daerah Talisayan sejak Juli 2013. Tambahan daya ini mampu memasok listrik ke Talisayan selama 18 jam dari pukul 12.00 sampai 06.00.

"Proses produksi dari PT Daya Lestari belum 24 jam, maka pasokan listriknya mengikuti waktu operasi mesin pabrik," ungkap Astawa.

Sementara itu, kelebihan listrik dari mesin PT Daya Lestari sebesar 200 kilowatt yang ada di Karangan, Kutai Timur juga dibeli PLN untuk menambah pasokan listrik di Karangan. (Pew/Shd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini