Sukses

Mirza Adityaswara Dilantik Jadi Deputi Gubernur Senior BI

Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (DGS-BI) terpilih, Mirza Adityaswara bakal diambil sumpah jabatannya di Gedung Mahkamah Agung.

Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (DGS-BI) terpilih, Mirza Adityaswara direncanakan akan diambil sumpah jabatannya oleh Mahkamah Agung (MA) hari ini.

Pengambilan sumpah jabatan Mirza ini bakal dilaksanakan di gedung utama MA yang terletak di Jl. Medan Merdeka Utara, Jakarta. Acara direncanakan dimulai pada pukul 09.00 WIB.

"Ya, jam 9 dilantik di MA," ungkap Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia, Difi A Johansyah dalam pesan singkatnya kepada Liputan6.com, Kamis (3/10/2013).

Turut hadir dalam pengambilan sumpah jabatan ini diantaranya adalah jajaran Dewan Gubernur Bank Indonesia dan akan dihadiri juga oleh para bankir di Indonesia.

Mirza yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Eksekutif Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) telah menjalani uji kelayakan dan kepatutan (fit and propertest) di hadapan Komisi XI DPR RI beberapa waktu lalu bersama pesaingnya Anton Hermanto Gunawan yang saat ini sebagai Chief Ekonom Bank Danamon.

Dalam keputusannya akhirnya Komisi XI DPR memilih Mirza sebagai DGS BI mengalahkan Anton melalui jalan vouting. Hasil voting Mirza memperoleh 32 suara sedangkan Anton hanya memiliki 2 suara. Sementara voting juga mencatat 9 anggota Komisi XI DPR menolak kedua calon sementara 4 suara memilih abstain dan suara kosong/rusak 1 suara.

Dengan terpilihnya Mirza, susunan Dewan Gubernur BI kini sudah menjadi lengkap dimana bank sentral sudah memiliki Gubernur, Dewan Gubernur Senior dan empat Deputi Gubernur. (Yas/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.