Sukses

75 Ribu Sapi Siap Potong Tiba Bulan Ini

Dengan kedatangan sapi siap potong tersebut, kebutuhan masyarakat dan industri diharapkan bisa terpenuhi dengan baik hingga akhir 2013.

Kementerian Perdagangan (Kemendag) bakal mendatangkan 75 ribu ekor sapi siap potong dari Australia yang akan terpenuhi hingga akhir 2013. Untuk tahap awal, sapi siap potong akan berlabuh di Indonesia pada Oktober ini.

"Sudah ada persetujuan impornya dari Kemendag dari minggu lalu, adapun rekomendasi impor dari Kementerian Pertanian (Kementan). Jadi sapi siap potong kali ini mencapai 75 ribu ekor yang tahap awal kedatangan sapi pada bulan Oktober tahun ini," ujar Sekertaris Jenderal Kemendag Gunaryo ketika ditemui di acara pameran produk dalam negeri nasional 2013 di Lapangan Parkir Timur Senayan, Jakarta, Kamis (3/10/2013).

Menurut Gunaryo, importir terdaftar yang bakal melakukan impor sapi tercatat sebanyak 15-20 perusahaan. Seluruh importir kali ini telah mendapatkan persetujuan untuk mendatangkan sapi siap potong dari Australia.

Dengan kedatangan sapi siap potong tersebut, kebutuhan masyarakat dan industri diharapkan bisa terpenuhi dengan baik hingga akhir 2013. Selama ini pasokan sapi senantiasa memasok kebutuhan katering, restoran dan hotel.

"Nilai referensi penjualan sapi potong dari harga Rp 76 ribu- 80 ribu per kilogram (kg) yang ditawarkan kepada masyarakat," tegasnya.

Pemerintah memfokuskan pasokan kebutuhan sapi siap potong di daerah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) dan Jawa Barat. Daerah tersebut diangggap paling banyak menyerap kebutuhan daging sapi.

"Saya harapkan kebutuhan sapi kali ini bisa memenuhi kebutuhan masyarakat banyak hingga akhir tahun. Untuk itu perlu ada monitoring yang baik," tutup Gunaryo. (Dis/shd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.