Sukses

Shutdown AS, Apa Kata Ekonom?

Penutupan pemerintah Amerika Serikat (AS) alias shutdown diperkirakan tidak berlangsung lama. Apa pasalnya?.

Penutupan pemerintah Amerika Serikat (AS) alias shutdown diperkirakan tidak berlangsung lama. Meski kondisi ini membuat investor tidak bisa masuk ke Amerika dalam waktu dekat ini.

Kepala Ekonom Bank Mandiri Destri Damayanti mengatakan, penutupan pemerintahan AS hanya untuk memberikan sentimen saja. Dirinya tidak percaya negara sebesar As menutup pemerintahan dengan waktu yang lama.

"Dampaknya kalau saya melihatnya masalah Amerika nggak akan lama, masa benar shutdown. Dia negara besar, mungkin memberikan sentimen saja ke market," kata Destri di Jakarta, Jumat (4/10/2013).

Dia memprediksi, parlemen AS akan melakukan koreksi atas keputusannya. Meski pada saat itu, negara ini belum bisa menerima investor masuk karena masih membenahi pasarnya yang membuhtukan waktu panjang.

"Investor luar jangan harap bisa masuk. Susah mengharapkan market berbalik jangka pendek.  Akan ada koreksi," ungkapnya.

Sedangkan, Pengamat Ekonomi Anwar nasution mengatakan, aksi shutdown AS akan berdampak besar pada sektor pertambangan.

Anwar menjelaskan, keterkaitan shutdown AS dengan Indonesia. Tutupnya pemerintahan Amerika dipastikan mmepengaruhi industri di Cina. Pasalnya Cina merupakan eksportir terbesar ke As.

"Jelas dia patuh, kita muntah darah. Kenapa? Karena Amerika perusahaan besar bagi ekspornya Cina itu," kata Anwar. (Pew/Nur)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini